Patroli Intensif Disiapkan Cegah Kebakaran Lereng Merapi

Patricia Vicka    •    31 Agustus 2015 23:03 WIB
kebakaran hutan
Patroli Intensif Disiapkan Cegah Kebakaran Lereng Merapi
Kondisi hutan Gunung Merapi pascakebakaran pekan lalu. Foto: Twitter BPBD Kabupaten Magelang

Metrotvnews.com, Yogyakarta: Untuk mencegah terjadinya kebakaran kembali di lereng Gunung Merapi, Balai Taman Nasional Gunung Merapi (TNGM) meningkatkan frekuensi patroli.

"Kami siagakan sepuluh petugas setiap hari untuk mencegah kebakaran terjadi lagi. Petugas akan berpatroli lebih sering berkeliling. Petugas patroli ada yang berjalan kaki ada pula yang naik motor selama 24 jam," kata Kepala Seksi Wilayah I Balai Taman Nasional Gunung Merapi, Nurpana Sulaksono. melalui sambungan telepon di Yogyakarta, Senin (31/8/2015)

Malam hari pun tak luput dari pantauan petugas patroli. TNGM menyiagakan tiga orang petugas patroli malam untuk menjaga Merapi. "Mereka akan mengamati Merapi dari posko," ujarnya.

Kebakaran di lereng gunung merapi sudah sering terjadi di saat musim kemarau. Untuk itu pihaknya akan melibatkan pemerintah desa dan masyarakat sekitar untuk ikut menjaga dan membantu memadamkan api.

"Kami mau memberikan pemahaman dan meningkatkan kesadaran warga sekitar untuk tidak membakar hutan. Hingga nantinya pemadaman api menjadi budaya di masyarakat. Diharapkan nanti tidak terjadi kebakaran hutan lagi," jelas Nurpana.

Masyarakat juga dilibatkan mengelola TNGM di zona khusus bernama zona tradisonal.

"Kami akan ajak masyarakat membuat persemaian(penanaman berbagai jenis tanaman) seperti tanaman umbi-umbian dan menanami kawasan hutan yang kosong dengan tanaman pangan lokal. Tujuannya agar masyarkat lebih intensif mengelola hutan sehingga memudahkan pengawasan," kata dia.

TNGM juga akan mengadakan tandon air besar yang mampu menampung air dalam jumlah banyak. "Jadi, kalau ada kebakaran kami tinggal ambil air dari tandon dengan pipa sambungan," ujarnya.


(UWA)


Kapten Timnas U-22 Absen Hingga Piala AFF Berakhir
Piala AFF U-22 2019

Kapten Timnas U-22 Absen Hingga Piala AFF Berakhir

6 hours Ago

Syarif Alwi selaku dokter timnas U-22 menjelaskan, Andy Setyo menderita kompresi hernia sejak m…

BERITA LAINNYA
Video /