Harga Minyak Jeblok Lebih dari 3%, Investor Ambil Untung

Ade Hapsari Lestarini    •    01 September 2015 09:00 WIB
minyak mentah
Harga Minyak Jeblok Lebih dari 3%, Investor Ambil Untung
Ilustrasi -- FOTO: Reuters/Thomas Peter

Metrotvnews.com, New York: Harga minyak kembali ambles lebih dari tiga persen di awal perdagangan Asia pada Selasa pagi ini. Investor pun mengambil keuntungan setelah minyak Brent dan minyak mentah AS melonjak lebih dari delapan persen pada sesi sebelumnya.

Reuters melansir, Selasa (1/9/2015), lonjakan itu dipicu oleh komentar OPEC yang bersedia untuk berbicara dengan produsen lain untuk mencapai harga minyak yang wajar. Serta merevisi ke bawah, output data AS oleh Administrasi Informasi Energi AS (EIA).

"(Komentar OPEC) bisa saja hanya sedikit berpolitik, memberikan strategi terhadpa pangsa pasar. Tapi itu menunjukkan bahwa banyak produsen cenderung tersakiti pada tingkat ini," tutur ANZ dalam laporan pasarnya.

Revisi data EIA yang diterbitkan pada Senin menunjukkan produksi minyak domestik AS hanya di atas 9,6 juta barel per hari (bph) pada April, sebelum jatuh lebih dari 300.000 barel per hari selama dua bulan berikutnya.

Adapun harga minyak mentah Brent untuk pengiriman Oktober telah merosot USD1,85 ke USD52,30 per barel, atau 3,4 persen, setelah naik USD4,10 per barel atau 8,2 persen pada sesi sebelumnya.

Kemudian harga minyak mentah AS CLc1 untuk pengiriman Oktober turun USD1,86 atau 3,8 persen menjadi USD47,35 per barel, setelah ditutup naik USD3,98 per barel atau 8,8 persen pada sesi sebelumnya.

Harga minyak mentah AS telah naik 27,5 persen setelah meraup keuntungan selama tiga hari, peningkatan tiga hari terbesar sejak Februari 2011 dan persentase kenaikan terbesar sejak Agustus 1990.

Hari ini, investor akan mengamati data kunci dari Tiongkok dan Amerika Serikat (AS) untuk mendapatkan arahan lebih lanjut terhadap harga minyak mentah tersebut.


(AHL)


Kapten Timnas U-22 Absen Hingga Piala AFF Berakhir
Piala AFF U-22 2019

Kapten Timnas U-22 Absen Hingga Piala AFF Berakhir

6 hours Ago

Syarif Alwi selaku dokter timnas U-22 menjelaskan, Andy Setyo menderita kompresi hernia sejak m…

BERITA LAINNYA
Video /