Wakil Ketua DPR Apresiasi Kinerja Pansel Capim KPK

Surya Perkasa    •    01 September 2015 11:26 WIB
capim kpk
Wakil Ketua DPR Apresiasi Kinerja Pansel Capim KPK
Pansel Capim KPK. Antara Foto

Metrotvnews.com, Jakarta: Wakil Ketua DPR Taufik Kurniawan mengapresiasi kinerja Panitia Seleksi Calon Pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi. Delapan nama yang diserahkan ke Presiden Joko Widodo hari ini diyakini figur terbaik dari ratusan orang yang mendaftar menjadi calon pimpinan KPK.

"Kami apresiasi secara umum Pansel transparan dan terbuka ke publik. Kami beri kepercayaan sepenuhnya pada Pansel," kata Taufik di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Selasa (1/9/2015).

Taufik berharap seluruh dewan mendukung Pansel KPK dan calon yang lolos seleksi. Menurut dia, KPK masih dibutuhkan untuk mengawal proses pembangunan. Terutama dalam mencegah dan mengambil tindakan terkait kasus korupsi.

Selanjutnya DPR juga perlu menjamin proses fit and proper test capim KPK berjalan lancar. Dengan begitu KPK dapat segera mengganti pucuk pimpinannya yang kadaluarsa pada Desember tahun ini. "DPR menunggu (nama diusulkan Presiden). Seterusnya akan diteruskan ke Komisi III DPR," kata dia.

Politikus PAN ini tidak berkomentar banyak soal salah satu capim KPK ditetapkan tersangka oleh penyidik Badan Reserse Kriminal Polri. Menurut Taufik, proses seleksi oleh Pansel dan penegakan hukum adalah dua ranah berbeda.

Dia tidak ingin publik terlalu intervensi kewenangan penegak hukum. "Itu ranah penegak hukum yang lain. Independensi Pansel sama-sama kita jaga," ujar Taufik.


(TRK)