Ketua MPR: Semua Lembaga Negara Merasa Paling Berkuasa

Kesturi Haryunani    •    01 September 2015 15:08 WIB
mpr ads
Ketua MPR: Semua Lembaga Negara Merasa Paling Berkuasa
Ketua MPR Zulkifli Hasan saat menjadi keynote speech seminar nasional di Universitas Andalas, Padang, Sumatra Barat -- dok.MPR

Metrotvnews.com, Jakarta: Setelah UUD diamandemen, setiap lembaga negara memiliki kedudukan sama. Namun, sekarang ini setiap lembaga negara merasa memilki kekuasaan dan paling berkuasa.

"Setelah perubahan UUD, tidak ada lagi lembaga tertinggi. Karena setiap lembaga negara memilki UU, masing-masing merasa punya kuasa," kata Ketua MPR Zulkifli Hasan saat menjadi keynote speech seminar nasional di Universitas Andalas, Padang, Sumatra Barat, Selasa (1/9/2015).

Zulkifli mencontohkan, DPR merasa berkuasa karena membuat UU dan mengatur uang (anggaran). "Tapi DPD mengatakan tidak. DPD yang berkuasa karena mempunyai daerah," katanya.

MPR pun begitu. "MPR juga punya merasa paling berkuasa karena MPR yang melantik Presiden dan mengubah UUD," kata Zulkifli.

Akibatnya, Presiden tiga kali berpidato pada 14 Agustus lalu. "Apakah ini sudah benar?" tanya Ketua Umum PAN itu.

Lembaga negara, seperti Komisi Yuidisial, Mahkamah Agung, serta Mahkamah Konstitusi, masing-masing juga memiliki kekuasaan. Belum lagi Gubernur, Bupati, dan Wali Kota yang juga merasa memiliki kekuasaan di daerahnya masing-masing.

"Inilah sistem kita. Apakah sistem ketatanegaran kita sudah baik? Inilah yang perlu dikaji akademisi universitas," ujar Zulkifli.


(NIN)

Pemain Madrid Ini yang Diwaspadai Pochettino
Jelang Real Madrid vs Tottenham Hotspur

Pemain Madrid Ini yang Diwaspadai Pochettino

1 hour Ago

Penampilan Isco musim ini ternyata mendapat perhatian dari pelatih Tottenham Hotspur Mauricio P…

BERITA LAINNYA
Video /