Karena Go-Jek, Bos IMF Sanjung Generasi Muda Indonesia Kreatif

Suci Sedya Utami    •    01 September 2015 19:09 WIB
gojek
Karena Go-Jek, Bos IMF Sanjung Generasi Muda Indonesia Kreatif
Ilustrasi Go_Jek. MI/Galih Pradipta

Metrotvnews.com, Jakarta: Managing Director International Monetary Fund (IMF) Christine Lagarde memberikan sanjungan kepada anak muda Indonesia yang pandai memanfaatkan peluang dan teknologi dalam berbisnis.

Hal tersebut diutarakan Bos IMF ini saat memberikan kuliah umum pada ratusan mahasiswa ekonomi UI, di Salemba, Jakarta Pusat, Selasa (1/9/2015). Dirinya mencontohkan, salah satu ide kreatif yang sukses diterapkan yakni Go-Jek.

"Go-Jek sebagai contohnya, bagaimana generasi muda Indonesia berhasil mempunyai ide kreatif dan menciptakan platform untuk para ojek dipertemukan dengan pelanggan," kata Lagarde.

Dirinya memandang, Pemerintah Indonesia perlu merumuskan kebijakan agar bisa memaksimalkan potensi anak muda dalam hal wirausaha dan kreativitas. Untuk itu diperlukan investasi yang lebih tinggi pada peningkatan keterampilan pemuda Indonesia dan mengembangkan keterampilan kewirausahaan. 

Semangat kewirausahaan juga harus dibarengi dengan kebijakan inklusif di sektor keuangan. Kedalaman pasar keuangan menjadi faktor untuk mendukung semangat kewirausahaan. 

"Namun, saat ini hampir dua per tiga dari penduduk di Indonesia tidak punya akses ke layanan perbankan, dan hampir setengahnya bahkan tidak punya rekening tabungan," ujarnya.

Ia mengatakan, program mikro kredit yang dikembangkan PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (BRI) telah berhasil memperluas cakupan perbankan hingga ke daerah-daerah terpencil, namun program ini belum cukup.

"Harus ada perbaikan sistem keuangan di beberapa sektor di Indonesia," pungkasnya.





(SAW)


Lawan Uji Coba Timnas U-22 Tidak Harus Klub Besar
Persiapan Piala AFF U-22

Lawan Uji Coba Timnas U-22 Tidak Harus Klub Besar

6 hours Ago

Indra Sjafri membantah bahwa Timnas U-22 akan beruji coba melawan Persija Jakarta dan Persebaya…

BERITA LAINNYA
Video /