Ini Pesan Ruud Gullit untuk Perkembangan Sepak Bola Tanah Air

Kautsar Halim    •    02 September 2015 07:14 WIB
liga indonesia
Ini Pesan Ruud Gullit untuk Perkembangan Sepak Bola Tanah Air
Legenda sepakbola dunia asal Belanda Ruud Gullit (kiri) didampingi Walikota Ambon Richard Louhenapessy (tengah) dan Director of Total Football Indonesia Roga (kanan) (ANTARA FOTO/Embong Salampessy)

Metrotvnews.com, Ambon: Selain berkunjung dan menikmati alam Indonesia di Ambon, legenda sepak bola dunia Ruud Gullit juga berbagi pengalaman agar kancah sepak bola Indonesia makin maju. Menurutnya, pembinaan usia dini dan pengetahuan tentang  sepak bola adalah hal utama yang harus dilakukan.

"Pembinaan dan pelatihan harus dimulai sejak dini, yakni pada anak-anak usia 14-15 tahun. Usia seperti ini sangat baik karena anak bisa belajar memahami teknik dasar sambil diimbangi latihan yang rutin," ujar Gullit pada jumpa pers di Ambon, (Selasa 1/9/2015).

Ia melanjutkan, seorang pesepak bola tidak akan berkembang jika hanya mengandalkan kecintaan terhadap olahraga tersebut. Kecintaan itu, menurut Gullit, harus disertai asupan pengetahuan yang lengkap tentang sepak bola.

"Sangat penting menciptakan lingkungan yang baik untuk menumbuhkan bakat pemain. Tapi, jangan bermain dengan perasaan saja. Pengetahuan yang baik untuk mengorganisir suatu tim juga sangat dibutuhkan," kata mantan pemain AC milan tersebut.

Meski begitu, ditengah carut marutnya kondisi sepak bola Indonesia yang masih dibebani sanksi FIFA. Pria yang memang keturunan Ambon ini mengaku cukup optimistis dengan perkembangan sepak bola Indonesia. Hal itu ia yakini karena para pemain dan pelatih Indonesia memiliki teknik dan strategi yang luar biasa.

"Saya optimistis sepak bola di Indonesia akan jauh lebih baik sehingga bisa melangkah ke kompetisi yang lebih besar di tingkat Internasional," tandas Gullit yang saat ini berusia 53 tahun. (ant)


(KAU)


Jelang Hadapi Liverpool, Pelatih Kecewa dengan Performa Roma
AS Roma vs Genoa

Jelang Hadapi Liverpool, Pelatih Kecewa dengan Performa Roma

3 days Ago

Eusebio kesal karena para pemain Roma kerap terlena saat sudah berada dalam posisi unggul.…

BERITA LAINNYA
Video /