Gaji PHL Dipotong, Ahok Selidiki Keterlibatan Dinas Kebersihan

Intan fauzi    •    02 September 2015 12:05 WIB
phl pemprov jakarta
Gaji PHL Dipotong, Ahok Selidiki Keterlibatan Dinas Kebersihan
Gubernur Provinsi DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama. (Foto: MTVN/LB Ciputri Hutabarat)

Metrotvnews.com, Jakarta: Pemerintah Provinsi DKI Jakarta masih menyelidiki kemungkinan keterlibatan oknum PNS Dinas Kebersihan dalam pemotongan gaji pekerja harian lepas (PHL). Jika terbukti PNS tersebut akan dipecat.
 
"Saya curiga juga ada PNS yang terlibat. Kami sedang selidiki," kata Gubernur DKI Jakarta Basuki `Ahok` Tjahaja Purnama di Balai Kota, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Rabu (2/9/2015).
 
Ia sepenuhnya menyerahkan kasus itu ke Inspektorat DKI Jakarta untuk menelusuri keterlibatan PNS. "Buat apa kita gaji PNS mahal-mahal tapi masih ngerampok juga. Jakarta itu kelebihan PNS. Kita gaji mereka Rp 15 triliun tapi kelakuan minus, mending kita pecat, pecat, pecat," ujar Ahok menegaskan.
 
Ahok mengatakan, untuk mandor yang terbukti memotong langsung dilaporkan ke polisi. "Mandornya bukan cuma diganti, saya mau lapor ke polisi. Dipenjara saja sekalian yang model gitu. Namanya nyolong," katanya.
 
Biro Hukum DKI Jakarta sedang mempersiapkan berkas terkait kasus ini untuk dilaporkan ke Polda Metro Jaya. "Surat laporan sedang disiapkan. Bukan saya yang laporin. Bagian Biro Hukum," ujarnya.
 
Sanksi pencopotan jabatan sudah tidak berlaku lagi. Sebab hal itu tidak memberikan efek jera kepada PNS. Sebagian dari mereka justru terus menjalankan praktik yang sama saat di posisi staf.
 
Pemprov DKI bekerjasama dengan polisi akan menangkap oknum PNS yang masih bermain anggaran.  "Kita kerja sama dengan polisi, dipenjara saja,” ujarnya.

Sebelumnya, PHL kebersihan Pasar Rebo diduga mendapatkan berbagai intimidasi dari seorang pria bernama DMH Simanjuntak. PHL dipaksa menyetorkan uang Rp500 ribu-Rp700 ribu dari gaji mereka tiap bulannya. Jika tak menuruti, pekerja diancam akan dipecat.
(FZN)


Andik Ungkap Perbedaan Timnas Sekarang dan Era Riedl
Uji Coba Timnas Indonesia vs Hong Kong

Andik Ungkap Perbedaan Timnas Sekarang dan Era Riedl

13 hours Ago

Terakhir, Andik tampil saat Timnas Indonesia melakoni uji coba melawan Islandia pada 14 Januari…

BERITA LAINNYA
Video /