Suap Akil Mochtar, Bupati Empat Lawang Segera Disidang

Meilikhah    •    02 September 2015 14:35 WIB
suap mk
Suap Akil Mochtar, Bupati Empat Lawang Segera Disidang
Ilustrasi

Metrotvnews.com, Jakarta: Penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi telah merampungkan berkas penyidikan Bupati Empat Lawang Budi Antoni Al Jufri dan istrinya, Suzana Budi Antoni. Berkas keduanya telah dinyatakan P21 dan siap dilimpahkan ke Jaksa Penuntut Umum pada KPK.

"Hari ini, kami baru saja menerima pelimpahan berkas perkara, baik tersangka maupun barang bukti dari penyidik ke JPU," kata Kuasa Hukum Budi Antoni dan Suzana, Sirra Prayuna, di Gedung KPK, Jakarta, Rabu (2/9/2015).

Budi dan Suzana dijadwalkan penyidik untuk diperiksa hari ini. Rupanya, pemeriksaan keduanya diikuti dengan pemberitahuan pelimpahan berkas perkara.

Menurut Sirra, jaksa penuntut umum memiliki waktu sekitar 14 hari untuk menyusun surat dakwaan sebelum dilimpahkan ke Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) untuk disidangkan. Kemungkinan, kata Sirra, sidang akan digelar di Jakarta.

"Saya kira sidang akan digelar di Jakarta, lokusnya (tempat kejadian perkara) kan di Jakarta. Sidang akan dilaksanakan bareng, Budi Antoni dan Suzana," ungkap Sirra.

Budi dan Suzana terjerat kasus suap Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) Akil Mochtar setelah Romi Herton dan Masyitoh. Budi diduga memberikan uang kepada Akil Mochtar, agar mengagalkan kemenangan Joncik Muhammad dan Ali Halimi sebagai Bupati dan Wakil Bupati Empat Lawang pada Pilkada 2013.

Dia disinyalir memberikan uang sebesar Rp10 miliar dan USD500 ribu. Diduga kuat, Budi yang menyuruh Suzanna mengantar uang sekitar Rp10 miliar dan USD500 ribu ke Muhtar Effendy, yang disebut-sebut sebagai makelar suap Akil Mochtar.

Atas perbuatannya, pasangan suami istri ini diduga melanggar pasal 6 ayat (1) huruf a Undang-Undang Nomor 31 Tahun 1999 sebagaimana diubah ke dalam Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2001 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi.


(MBM)