Lagarde Imbau Dunia Bantu Tiongkok

Husen Miftahudin    •    02 September 2015 20:00 WIB
imf
Lagarde Imbau Dunia Bantu Tiongkok
Managing Director IMF Christine Lagarde. (AFP PHOTO/Bay ISMOYO)

Metrotvnews.com, Jakarta: Managing Director Christine Lagarde meminta negara-negara di seluruh dunia untuk membantu Tiongkok yang sedang terguncang perekonomiannya.

"Tiongkok sedang internasionalisasi mata uang mereka dan ini merupakan suatu transisi, sebagaimana kita harapkan dan mitra-mitra lain di dunia dan kita bantu Tiongkok untuk menjalaninya," kata Lagarde, saat konferensi pers, di Grand Hyatt, Jakarta, Rabu (2/9/2015).

Menurut dia, kondisi tersebut merupakan suatu hal yang cukup signifikan untuk dikelola dengan baik. Seperti diketahui, Tiongkok melakukan devaluasi mata uangnya sehingga membuat pasar keuangan Indonesia bervolatilitas.

Lagarde pun enggan menanggapi devaluasi yuan, apakah bisa membantu perdagangan antara Indonesia dengan Tiongkok.

"Saya tidak akan spekulasi untuk keuntungan jangka panjang bagi Indonesia, ini di luar kompetensi saya. Kita pastinya bicara dengan pemerintah Tiongkok. Bicara pada pasar tentang perekonomian," pungkasnya.

Sebelumnya, Lagarde mengatakan bahwa Indonesia merupakan negara dengan ekonomi terbesar di Asia Tenggara. Indonesia dinilainya akan mendapat manfaat dari liberalisasi perdagangan lebih lanjut. Bahkan, Lagarde mengatakan Indonesia akan harus mengikuti jejak Jepang, Korea Selatan, dan Tiongkok.

"Bahkan Indonesia harus terlibat lebih dalam dengan negara-negara di seluruh dunia," ujar Lagarde, saat memberikan kuliah umum di Universitas Indonesia, seperti dilansir dari Wall Street Journal.

Menurut dia, Indonesia telah sangat terpengaruh oleh perlambatan global karena penurunan permintaan dari pasar utama Tiongkok terhadap batu bara dan komoditas lainnya.


(AHL)

Data dan Fakta Jelang Atletico Madrid vs Roma
Jelang Atletico vs AS Roma

Data dan Fakta Jelang Atletico Madrid vs Roma

2 hours Ago

Atletico Madrid butuh kemenangan agar asa lolos ke babak 16 besar Liga Champions. Akan tetapi, …

BERITA LAINNYA
Video /