Pascakebakaran, Pedagang Pasar Sumber Datangi DPRD Cirebon

Sobih AW Adnan    •    02 September 2015 21:03 WIB
kebakaran pasar
Pascakebakaran, Pedagang Pasar Sumber Datangi DPRD Cirebon
Pasar Sumber, Cirebon, setelah terbakar. Foto: MTVN/Sobih

Metrotvnews.com, Cirebon: Ratusan pedagang Pasar Sumber mendatangi Kantor Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten Cirebon meminta perhatian dan tanggung jawab atas kerugian yang dialami mereka setelah kebakaran hebat pada Senin, 24 Agustus. 

Dalam audiensi yang diterima Komisi II dan III DPRD serta dihadiri Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Cirebon, puluhan pedagang menyampaikan tuntutan percepatan proses pembangunan pasar darurat.

Mereka juga menuntut pencegahan adanya dualisme pasar pascakebakaran, penempatan pasar permanen di lokasi yang lama, penyediaan kompensasi, serta tuntutan diberikannya pinjaman lunak bagi para pedagang.
 
“Alhamdulillah mereka (pemkab) merespon tuntutan kami. Tinggal kita kawal,” ujar Ketua Forum Paguyuban Pasar Sumber, Ridwan, yang ditemui Metrotvnews.com usai audiensi, Rabu (2/9/2015).
 
Sebelum beraudiensi, para pedagang menyuarakan aspirasi dan tuntutannya dengan mengibarkan bendera setengah tiang. Hal itu dilakukan sebagai bentuk penekanan agar segenap tuntutan bisa segera direalisasikan.
 
“Soalnya ini adalah perkara musibah, tentu kami para pedagang juga sudah bersabar. Tapi semestinya harus dibarengi dengan tanggung jawab dan perhatian pemkab,” kata Ridwan.
 
Kepala Disperindag Kabupaten Cirebon, Erry Ahmad Khusaeri, membantah pihaknya kurang merespon tuntutan dana kompensasi yang diajukan para pedagang.
 
“Kompensasi itu berkaitan dengan apa yang bisa kita lakukan dan apa yang tidak bisa kita lakukan. Kita lakukan dulu yang diprioritaskan. Kita bangun pasar darurat terlebih dahulu. Bukannya kita tidak memperhatikan,” ujar Erry.
 
Terkait rencana kredit lunak untuk para pedagang, Erry mengaku sudah mengajukan ke pihak-pihak yang bisa diajak bekerja sama. Erry mengimbau para pedagang bersabar dan menjadikan musibah ini sebagai peristiwa yang harus ditanggung bersama.
 
“Soal peminjaman utang kita sudah menghubungi BJB (Bank Jawa Barat-Banten), mudah-mudahan ada bank lain yang ikut membantu," jelas Erry.
 
Pasar darurat rencananya akan dibangun di sekitar Terminal Sumber dekat lokasi Kantor Dinas Perhubungan Kabupaten Cirebon dan menampung sebanyak 890 pedagang.


(UWA)

Rekam Jejak Indonesia di Piala Asia U-16
Timnas U-16

Rekam Jejak Indonesia di Piala Asia U-16

17 hours Ago

Terhitung dari 17 kali penyelenggaraan yang sudah berlangsung. Indonesia hanya mampu lolos ke p…

BERITA LAINNYA
Video /