Ketua Kadin: Kondisi Ekspor Memprihatinkan

Antara    •    03 September 2015 13:14 WIB
ekonomi indonesia
Ketua Kadin: Kondisi Ekspor Memprihatinkan
Illustrasi ekspor. ANTARA FOTO/M Agung Rajasa

Metrotvnews.com, Jakarta: Ketua Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia Suryo Bambang Sulisto (SBS) mengatakan kondisi ekspor Indonesia dalam kondisi memprihatinkan akibat dari perlambatan pertumbuhan ekonomi.

"Kondisi ekspor saat ini sangat memprihatinkan karena pada paruh pertama 2015 ini kinerja ekspor jatuh sampai 11,8 persen," kata Suryo di Jakarta, Kamis (3/9/2015).

Dia mengingatkan nilai ekspor merosot sangat dalam karena kinerja industri lemah dan ekspor mayoritas berbasis bahan mentah yang mengalami penurunan harga di pasar dunia.

Ketua Kadin juga mengingatkan bahwa kegiatan ekspor menjadi senjata perekonomian nasional dalam menghimpun devisa. Semakin besar cadangan devisa yang dimiliki Indonesia maka dinilai semakin kuat pula posisi ekonomi RI.

"Tetapi di sisi lain kinerja impor juga menurun lebih drastis karena biaya impor meningkat yang disebabkan menurunnya nilai rupiah, sehingga memukul dunia industri. Banyak PHK karena perusahaan tidak dapat menyesuaikan biaya produksi yang maningkat pesat," katanya.

Ia menjelaskan, meskipun terjadi surplus pada neraca perdagangan di semester I-2015, hal itu bukan karena prestasi ekspor, melainkan lebih dikarenakan penurunan impor yang signifikan pada periode tersebut (15,1 persen).

Di sisi lain, tambah Suryo Bambang Sulisto, ekspor menurun sebesar 11,67 persen pada periode yang sama. Penurunan impor dan ekspor ini dinilai merupakan sinyal tanda bahaya bagi kinerja ekonomi Indonesia.

 


(SAW)

Pelatih Napoli Sejajarkan Insigne dengan Messi, Neymar dan Ronaldo
Jelang Napoli vs Shakhtar Donetsk

Pelatih Napoli Sejajarkan Insigne dengan Messi, Neymar dan Ronaldo

6 hours Ago

Napoli dijadwalkan bentrok kontra Donetsk untuk memainkan matchday kelima Liga Champions 2017--…

BERITA LAINNYA
Video /