Ratusan Kosmetik Tanpa Izin Edar Disita

Pythag Kurniati    •    03 September 2015 22:18 WIB
kosmetik
Ratusan Kosmetik Tanpa Izin Edar Disita
Petugas menemukan puluhan kardus berisi kosmetik tanpa izin edar. Foto: MTVN/Pythag

Metrotvnews.com, Karanganyar: Ratusan produk kosmetik ilegal berbahaya disita petugas Balai Besar Pengawas Obat dan Makanan (BBPOM) Semarang, Jawa Tengah. Petugas menemukan puluhan kardus berisi kosmetik ilegal ini di sebuah rumah berlokasi di Jalan Melati XV RT 06/12 Baturan Colomadu, Karanganyar, Jawa Tengah. Rumah tersebut diduga disewa oleh pasangan Wiliam dan Indri.

Beberapa produk yang disita meliputi krim wajah, masker wajah, shampoo, body lotion dan lain sebagainya. Barang-barang tanpa izin edar itu kemudian dibawa petugas untuk diuji di laboratorium Semarang.

Kepala Bidang Pengawasan dan Penyelidikan BBPOM Semarang, Zeta Rina Pujiastuti, mengatakan produk kosmetik impor tersebut didapat dari berbagai negara seperti Tiongkok, Amerika Serikat dan Thailand.

"Ada beberapa merek dagang dan kami perkirakan sudah beredar selama dua tahun. Artinya sudah menyebar ke berbagai wilayah di Indonesia," ungkapnya, Kamis (3/9/2015).

Jika digunakan secara sembarangan, menurutnya, kosmetik-kosmetik ilegal tersebut mampu menyebabkan gatal-gatal, alergi, dan kanker kulit.

Petugas yang terdiri dari BBPOM, Ditreskrimsus Polda Jawa Tengah, Satpo PP Jawa Tengah dan petugas bea cukai menggeledah rumah tersebut setelah menelusuri distribusi perdagangan kosmetik melalui internet.

"Barang-barang di sini dipasarkan melalui sistem online. Karena tidak ada izin edar tentu saja tak ada jaminan keamanan untuk konsumen," terang Zeta.

Penghuni rumah diduga hanya mendistribusikan bukan memproduksi kosmetik-kosmetik itu. Kendati demikian pemilik terancam pidana Pasal 197 Undang-Undang 36 Tahun 2009. Pasal tersebut menyebutkan setiap orang yang dengan sengaja memproduksi atau mengedarkan produk farmasi dan/atau alat kesehatan yang tidak memiliki izin edar dipidana penjara paling lama 15 tahun.


(UWA)

Jika Bobol Gawang Juventus, Llorente Enggan Merayakannya
Jelang Tottenham vs Juventus

Jika Bobol Gawang Juventus, Llorente Enggan Merayakannya

1 day Ago

Striker Tottenham Hotspur, Fernando Llorente, menegaskan tidak akan merayakan jika dia mencetak…

BERITA LAINNYA
Video /