Akankah Kabareskrim Berganti Hari Ini?

Surya Perkasa    •    04 September 2015 06:24 WIB
budi waseso
Akankah Kabareskrim Berganti Hari Ini?
Kepala Bareskrim Mabes Polri Komjen Budi Waseso -- Antara/M Agung Rajasa

Metrotvnews.com, Jakarta: Kabar pergantian Kepala Bareskrim Komjen Budi Waseso kembali terjadi. Kali ini kabar pergantian itu dibenarkan langsung oleh Kapolri Jenderal Badrodin Haiti.

"Ya. Besok diumumkan," kata Jenderal Badrodin kepada wartawan melalui pesan singkat, Kamis (3/9/2015) malam. 

Belum dapat dipastikan apakah Budi Waseso akan diganti hari ini. Tapi sudah beredar kabar, Komjen Budi Waseso akan digantikan oleh Kepala Badan Narkotika Nasiona (BNN) Komjen Anang Iskandar. (Baca: Buwas Diganti Kepala BNN? Kapolri: Besok Diumumkan


Kepala BNN Anang Iskandar -- Antara/Widodo S Jusuf

Baik Buwas, sapaan Budi Waseso, maupun Anang belum dapat dikonfirmasi. Telepon keduanya tidak bisa dihubungi.

Petinggi BNN mengaku tak tahu menahu soal pergantian ini. Sebab hingga saat ini, belum ada kabar BNN akan mengalami pergantian pemimpin.

"Saya sebagai Kabag Humas belum dengar, belum tahu. Kalau ada pasti saya dikabari oleh beliau yang pertama. Jadi sekarang beliau masih menjabat Kepala BNN," ungkap Kepala Bagian Hubungan Masyarakat BNN Kombes Slamet Pribadi saat dikonfirmasi.

Slamet berkata, Anang sedang dalam perjalan dinas ke Kepulauan Fiji. Namun dia dalam perjalan pulang ke Indonesia. (Baca: Kepala BNN Pulang Dari Fiji saat Dikabarkan Gantikan Buwas

Kuat dugaan bahwa Anang segera pulang untuk dilantik menggantikan Buwas. Namun hal ini terkendala masalah aturan.

Untuk bisa dilantik menjadi Kabareskrim, Anang harus dicopot dari jabatan Kepala BNN. Kewenangan Kapolri tidak cukup untuk mencopot Anang karena hanya Presiden yang bisa mencopot Kepala BNN. (Baca: Hanya Presiden yang Berhak Berhentikan Kepala BNN)

"Kewenangan presiden (memberhentikan Kepala BNN). Kalau menurut pasal 69 UU Narkotika, Presiden, tidak ada orang lain. Pasal 68 dan 69, Kepala BNN diangkat dan diberhentikan oleh presiden," pungkas Slamet.


(SUR)

Suporter Bertindak Rasis, AS Roma Terancam Sanksi
Rasisme dalam Sepakbola

Suporter Bertindak Rasis, AS Roma Terancam Sanksi

23 hours Ago

Suporter AS Roma tirukan suara monyet ke arah Antonio Rudiger, bek Chelsea saat kedua tim bentr…

BERITA LAINNYA
Video /