Ini Nutrisi untuk Mengurangi Kelelahan

   •    04 September 2015 11:49 WIB
kesehatan
Ini Nutrisi untuk Mengurangi Kelelahan
Nutrisi penting untuk hindari kelelahan. (foto:nutraingredients.com)

Metrotvnews.com, Jakarta: Sering merasa lelah bisa jadi disebabkan dengan tingginya konsumsi makanan olahan yang sarat dengan gula, pengawet, pewarna dan bahan kimia. Atau juga dikarenakan sakit, stres, kurang tidur bahkan anemia. Agar saat menjalani aktivitas harian Anda tetap bersemangat dan berenergi pastikan asupan nutrisi berikut tercukupi dalam tubuh.

1. Seng 
Setiap orang butuh seng untuk energi dan metabolisme yang sehat. Kurang seng sama saja kekurangan gizi yang mempengaruhi sistem kekebalan tubuh. Seng cukup membantu meningkatkan kesehatan tulang.

Tanda kurang zinc biasanya sering lelah, nafsu makan berkurang, jerawat, bintik-bintik putih pada kuku, pandangan memburuk dan rambut rontok. Anda bisa mendapatkan nutrisi seng yang tepat dari kacang-kacang, biji labu, oatmeal, ayam, daging merah dan makanan laut.

2. Zat besi
Pola makan yang buruk atau anemia bisa mengakibatkan tingkat zat besi di tubuh bisa perlahan-lahan menyusut. Akibatnya Anda akan mudah lelah. Oleh karena itu, pastikan Anda memakan makanan yanga kaya akan zat besi seperti kacang-kacangan, sayuran hijau gelap dan biji bunga matahari.

3. Vitamin B12
Vitamin B12 penting untuk pembentukan sel darah merah dan sistem saraf yang sehat. Konsumsilah makanan rendah lemak susu, ikan, dan telur secara rutin. Bila Anda seorang vegetarian, Anda dapat memilih sereal atau minum suplemen (konsultasikan ke dokter terlebih dahulu) untuk mendapatkan asupan vitamin B12 yang tepat

4. Folat
Asam folat diperlukan untuk pengembangan yang tepat dari tubuh Anda. Mendukung produksi sel dan membantu mencegah anemia yang mengakibatkan Anda mudah merasa lelah. Selain itu, memungkinkan saraf berfungsi dengan baik, mencegah patah tulang karena osteoporosis dan membantu mencegah demensia. Anda dapat menemukan folat dalam daging merah, hati, kacang-kacangan dan sayuran hijau.

5. Teh herbal
Secangkir kopi memang bisa membuat Anda lebih berenergi tetapi itu pada akhirnya membuat kecanduan. Batasi asupan kafein Anda dan mulai minum teh herbal sebagai gantinya. Selain sehat, teh herbal juga membantu memerangi kelelahan dalam hitungan menit. 

6. Protein
Anda cenderung mengabaikan protein saat sarapan. Padahal protein baik untuk meningkatkan kadar neurotransmitter yang membantu meningkatkan mood serta menjaga tingak energi Anda. Para peneliti mengklaim bahwa orang-orang kekurangan protein pasti menderita stres kronis, depresi dan obesitas. Ikan, kacang-kacangan, produk susu, dan daging merupakan sumber protein yang terbaik. (Sumarni/ Amerikanki)


(LOV)

Jika Bobol Gawang Juventus, Llorente Enggan Merayakannya
Jelang Tottenham vs Juventus

Jika Bobol Gawang Juventus, Llorente Enggan Merayakannya

1 day Ago

Striker Tottenham Hotspur, Fernando Llorente, menegaskan tidak akan merayakan jika dia mencetak…

BERITA LAINNYA
Video /