Menaker Hanif: Kebijakan soal TKA Tak Terkait PHK

Taufik Rahman    •    04 September 2015 16:39 WIB
tenaga kerjakemenaker ads
Menaker Hanif: Kebijakan soal TKA Tak Terkait PHK

Metrotvnews.com, Jakarta: Berita kemudahan bagi WNA untuk bekerja di Indonesia, berhembus hampir bersamaan dengan gelombang PHK di bebeberapa daerah. Dua masalah itu sama sekali tidak saling terkait, sedangkan kesamaan waktu pemberitaan adalah kebetulan belaka.

"Jangan seolah-olah karena ada PHK, maka TKA datang," tegas Menteri Ketenagakerjaan M Hanif Dhakiri, Jumat (4/8/2015).

Bahwa saat ini ada pekerja yang menjadi korban PHK, menurutnya merupakan dampak pelemahan ekonomi global dan nasional. Pemerintah terus berjuang agar PHK tidak meluas dengan cara memberikan insentif kepada para pengusaha agar tetap berusaha, membuka lapangan kerja baru dan mendorong munculnya wirausahawan baru. 

Pemerintah pun sangat memperhatikan dan menghargai berbagai kritikan terhadap penghapusan syarat mampu berbahasa Indonesia bagi TKA yang masuk ke Indonesia. Perubahan regulasi itu dengan mempertimbangkan semua kepentingan yang lebih besar.
 
“Itu karena kepentingan besar investasi. Investasi itu urusannya dengan pembangunan, pergerakan ekonomi dan lapangan pekerjaan yang dibutuhkan,” kata Hanif sembari menegaskan bahwa prioritas utama pemerintah ada masyarakat Indonesia.
 
Pada dasarnya ini adalah untuk kepentingan rakyat Indonesia. Tidak mungkin pemerintah membuat sesuatu kebijakan untuk kepentingan warga negara lain.
 


(LHE)

Hadapi Barcelona, Chelsea Harus Tampil 120%
Jelang Chelsea vs Barcelona

Hadapi Barcelona, Chelsea Harus Tampil 120%

1 hour Ago

Pelatih Chelsea Antonio Conte tidak memungkiri bahwa laga melawan Barcelona akan jadi laga yang…

BERITA LAINNYA
Video /