Terbukti Ilegal, TKA Pasti Dideportasi

Taufik Rahman    •    04 September 2015 17:19 WIB
tenaga kerjakemenaker ads
Terbukti Ilegal, TKA Pasti Dideportasi
Menaker Hanif Dhakiri

Metrotvnews.com, Jakarta: Pemerintah memang memudahkan syarat bagi WNA untuk bekerja di Indonesia. Namun tak berarti WNA dapat dengan seenaknya bekerja di Indonesia. Bagi yang terbukti menyalahgunakan ijin tinggalnya, hukum pasti kenakan kepadanya.

"Semua TKA yang terindikasi melanggar, kita tindak," tegas Menaker Hanif Dhakiri menjawab kritikan mengenai dihapusnya syarat mampu berbahasa Indonesia bagi TKA di Indonesia, Jumat (4/9/2015).

Sebagai contoh kasus, Hanif menyebut temuan adanya TKA ilegal di PLTU Celukan Bawang, Bawang. Setelah dilakukan pemeriksaan dan terbukti telah terjadi pelanggaran ijin kerja, TKA ilegas yang bersangkutan langsung dipulangkan ke negara asal.

Operasi seperti ini tidak dilakukan sendirian oleh Kemanaker. Jajaran dari Dirjen Imigrasi, BIN, kepolisian, BPKM, Kementerian Industri dan bahkan Kementerian Pariwisata dilibatkan untuk memastikan segala sesuatunya seusai aturan hukum berlaku.

Koordinasi lintas kementerian ini sudah menjadi keharusan dalam upaya memperketat pengawasan. Sebab di era globalisasi seperti sekarang, sudah tidak mungkin sama sekali melarang WNA untuk bekerja di Indonesia.

"Konsekuensi dari keterbukaan sebagai bagian masyarakat global adalah pergerakan barang dan jasa termasuk orang menjadi lebih mudah. Maka salah satu yang penting adalah bagaimana sistem kendali kita buat sebaik mungkin, termasuk pengawasan itu,” papar Hanif.

"Tapi jangan karena kasus-kasus seperti itu lalu dianggap seolah-olah Indonesia diserbunTKA. Itu tidak benar,” kata Hanif.



(LHE)

Jumpa Barcelona, Hargreaves Kasihan dengan Fan Chelsea
Jelang Chelsea vs Barcelona

Jumpa Barcelona, Hargreaves Kasihan dengan Fan Chelsea

4 hours Ago

Chelsea ditakdirkan bersua Barcelona pada babak 16 besar Liga Champions 2017 -- 2018. Mantan pe…

BERITA LAINNYA
Video /