Kualifikasi Piala Eropa 2016

Preview Jerman vs Polandia: Ajang Balas Dendam Der Panzer

Hilman Haris    •    04 September 2015 17:26 WIB
kualifikasi piala eropa 2016
Preview Jerman vs Polandia: Ajang Balas Dendam Der Panzer
Polandia berhasil mengalahkan Jerman pada pertemuan pertama Kualifikasi Piala Eropa 2016 (JANEK SKARZYNSKI / AFP)

Metrotvnews.com, Frankfurt: Timnas Jerman selalu meraih kemenangan saat tampil di Kualifikasi Piala Eropa 2012. Total, Der Panzer mencatat 10 kemenangan dan menjadi juara grup ketika itu. Menilik dari performa impresif Jerman di Piala Dunia 2014, catatan serupa diprediksi bakal didapat Thomas Mueller dkk di Kualifikasi Piala Eropa 2016.

Namun prediksi itu mentah di atas lapangan. Jerman menderita kekalahan pada laga kedua babak kualifikasi. Mirisnya, kekalahan itu diperoleh Jerman dari salah satu rivalnya, Polandia dengan skor 0-2 pada saat bertandang ke Warsawa pada Oktober 2014.

Thomas Mueller dkk mungkin tambah geram karena kekalahan itu membuat Der Panzer harus merelakan tampuk puncak klasemen ke tangan Polandia. Saat ini, Jerman berada di peringkat kedua dengan koleksi 13 poin sedangkan Polandia sudah mengumpulkan 14 poin.

Aroma balas dendam tentunya bakal terasa kental kala Jerman menjamu Polandia di Stadion Frankfurter Volksbank dalam partai lanjutan kualifikasi Piala Eropa 2016 Grup D, Sabtu 5 September. Bisa jadi, para penggawa Jerman akan mengerahkan sekuat tenaga untuk meraih kemenangan dengan skor telak pada laga ini. 

“Kami memiliki target penting melawan Polandia. Kami harus bisa mengalahkan mereka dan kami ingin menjadi pemuncak grup,” tegas Mueller.

Tak membiarkan Polandia menguasai pertandingan menjadi salah satu cara yang dianggap Mueller paling ampuh untuk meraih kemenangan. Selain itu, Mueller juga meminta para pemain belakang tak hanya fokus menjaga pergerakan Robert Lewandowski.

“Polandia bukan cuma Lewandowski. Kami harus bisa mengatasi serangan balik mereka. Polandia memiliki banyak pemain yang bisa memberikan ancaman jika tak diberi tekanan,” kata Mueller.

Mewaspadai serangan balik Polandia bukan satu-satunya hal penting yang perlu dikhawatirkan Mueller. Kenyataannya, Jerman tidak diperkuat Mesut Oezil dan Marco Reus pada laga ini karena menderita cedera.  Tanpa mereka, serangan Der Panzer diyakini bakal sedikit lebih tumpul. Jika sudah begini, pelatih Jerman, Joachim Loew harus menciptakan racikan taktik yang pas dengan mengandalkan duo Mario Goetze dan Lukas Podolski.

Faktor nonteknis juga patut diperhatikan Loew. Pelatih berusia 55 tahun itu harus bisa menjaga api semangat Mueller dkk untuk melakukan balas dendam kepada Polandia tetap menyala. Jika itu bisa dilakukan, rasanya tak ada peluang bagi Lewandowski dkk untuk mencuri poin di Frankfurt. 


Perkiraan starting eleven Jerman dan Polandia:

Jerman: Neuer, Mustafi, Hummels, Boateng, Bellerin, Kroos, Schweinsteiger, Bellarabi, Goetze, Schurrle, Mueller

Polandia: Szczesny, Piszczek, Glik, Szukala, Jedrzejczyk, Kuba, Zielinski, Krychowiak, Peszko, Rybus, Lewandowski

Lima Pertemuan Terakhir
12/10/14    Polandia-Jerman    2-0 Kualifikasi Piala Eropa
14/05/14    Jerman-Polandia    0-0 Persahabatan
07/09/11    Polandia-Jerman    2-2 Persahabatan    
09/06/08    Jerman-Polandia    2-0 Piala Eropa
15/06/06    Jerman-Polandia    1-0 Piala Dunia


(HIL)

Hadapi Barcelona, Chelsea Harus Tampil 120%
Jelang Chelsea vs Barcelona

Hadapi Barcelona, Chelsea Harus Tampil 120%

1 day Ago

Pelatih Chelsea Antonio Conte tidak memungkiri bahwa laga melawan Barcelona akan jadi laga yang…

BERITA LAINNYA
Video /