SKK Migas Imbau KKKS Tahan PHK Pekerja

Annisa ayu artanti    •    04 September 2015 17:45 WIB
skk migas
SKK Migas Imbau KKKS Tahan PHK Pekerja
Ilustrasi -- FOTO: Antara/Muhammad Adimaja

Metrotvnews.com, Bogor: Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas) mengimbau perusahaan Kontraktor Kontrak Kerja Sama (KKKS) untuk tidak melakukan Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) akibat penurunan harga minyak dunia.

Kepala Hubungan Masyarakat SKK Migas Elan Bintoro, mengatakan sejauh ini SKK Migas masih dalam Rancangan Penempatan Tenaga Kerja (RPTK), sehingga untuk karyawan yang berkompeten dan memiliki kapasitas tinggi di perusahaan KKKS akan ditahan dulu.

Menurutnya, kondisi minyak saat ini memang tidak bagus dan sangat tidak ekonomis untuk ekonomis untuk perusahaan yang bergerak di sektor hulu migas. Oleh karenanya, Ia menambahkan perlu sekali perusahaan melakukan efisiensi namun tidak dengan pemberhentian karyawan.

"Kita masih dalam Rancangan Penempatan Tenaga kerja. Sejauh ini, employee jadi tulang punggung yang tidak mudah dapatkan kapasitas, kita tahan dulu," kata Elan, di Hotel Aston, Bogor, Jumat (4/9/2015).

Dia memberikan contoh salah satu KKKS yang memberhentikan pekerjanya sebanyak 20 orang, karena politik daerah akhirnya KKKS tersebut diprotes dan didemo. "Yang di Vico 20 orang. Ditahan karena politik daerah, ucap dia.

Yang terpenting, tambahnya, dalam menjaga stabilitas perusahaan, Ia menghimbau untuk tidak memberhentikan karyawannya, melainkan dengan melakukan efisiensi-efisiensi seperti  dengan menunda pengerjaan proyek yang tidak ekonomis.

"Yang kita lakukan akan efisiensi proyek tidak ekonomis kita stop dulu," pungkas dia.

Sebagai informasi, posisi minyak dunia berdasarkan WTI Crude Oil (Nymex) turun 0,45 persen menjadi USD46,54 per barel. Sedangkan rupiah hari ini tertekan di Rp14.191 per USD.


(AHL)

Jadwal Pertandingan Babak 16 Besar Liga Champions 2017--2018
Undian Babak 16 Besar Liga Champions 2017--2018

Jadwal Pertandingan Babak 16 Besar Liga Champions 2017--2018

1 hour Ago

Laga leg pertama babak 16 besar Liga Champions akan digelar pada 13-14 dan 20-21 Februari 2018.…

BERITA LAINNYA
Video /