Kereta Cepat, Menteri BUMN Masih Condong ke Tiongkok

Dian Ihsan Siregar    •    04 September 2015 18:15 WIB
kereta cepat
Kereta Cepat, Menteri BUMN Masih Condong ke Tiongkok
Menteri BUMN Rini Soemarno (tengah) (ANTARA FOTO/Reno Esnir)

Metrotvnews.com, Jakarta: Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini Soermano masih condong ke Tiongkok sebagai negara yang menjalankan proyek kereta cepat Jakarta-Bandung. Hal itu terjadi lantaran Tiongkok tidak perlu meminjam dana dari pemerintah, kebalikannya dengan Jepang yang memerlukan jaminan pinjaman dari pemerintah.

"Proposal dari Jepang itu ada permintaan jaminan dari pemerintah. Sedangkan proposal dari Tiongkok itu tidak ada (permintaan jaminan dari pemerintah). Itu perbedaan yang sangat utama, sangat penting," kata Rini, ketika ditemui di Kementerian BUMN, Jakarta, Jumat (4/9/2015).‎

Apalagi, lanjut Rini, pemerintah sudah secara tegas menyatakan bahwa pembangunan kereta cepat tidak diperbolehkan menggunakan dana dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) atau dari Penyertaan Modal Negara (PMN). Artinya, dana dari proyek ini harus datang dari kantong pribadi masing-masing negara.

"Jadi kalau Jepang ingin ikut dalam proses ini tentunya harus menghilangkan keharusan menggunakan permintaan jaminan pemrintah dan jaminannya harus langsung ke BUMN," tuturnya.

Rini tidak menampik hingga sekarang ini belum ada investor lain selain Tiongkok dan Jepang yang merapat ke Indonesia untuk membangun kereta cepat Jakarta-Bandung. Namun, yang terpenting dari proyek ini adalah harus berada di bawah Kementerian BUMN secara langsung.

"Supaya tidak menjadi salah pengertian. Otomatis walaupun sejak awal PMN ini tidak ditujukan kereta cepat, tapi supaya jangan salah pengertian. Kalau PT Wijaya Karya (Persero) Tbk (WIKA) tetap menjadi lead konsorsium BUMN tidak bisa meminta PMN," kata Rini.


(ABD)

Jumpa Barcelona, Hargreaves Kasihan dengan Fan Chelsea
Jelang Chelsea vs Barcelona

Jumpa Barcelona, Hargreaves Kasihan dengan Fan Chelsea

4 hours Ago

Chelsea ditakdirkan bersua Barcelona pada babak 16 besar Liga Champions 2017 -- 2018. Mantan pe…

BERITA LAINNYA
Video /