Kadin: Indonesia Belum Butuh Kereta Cepat

Gervin Nathaniel Purba    •    04 September 2015 19:03 WIB
kereta cepat
Kadin: Indonesia Belum Butuh Kereta Cepat
Ketua Kadin Indonesia Suryo Bambang Sulisto (MI/RAMDANI)

Metrotvnews.com, Jakarta: Ketua Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia Suryo Bambang Sulisto menilai Indonesia belum membutuhkan kereta cepat, utamanya kereta cepat Jakarta-Bandung. Pasalnya, situasi dan kondisi ekonomi Indonesia tengah mengalami perlambatan.

"Saat ini kereta cepat belum terlalu penting banget. Kereta api sekarang saja kecepatannya 80 kilometer (km) per jam. Mudah-mudahan tidak sama sekali dibangun kereta yang lebih cepat," ujar Suryo, saat ditemui di Menara Kadin, Jakarta, Jumat (4/9/2015).

Menurutnya, pengadaan proyek pembangunan kereta cepat Jakarta-Bandung tidak tepat di situasi dan kondisi ekonomi Indonesia yang tengah tidak menentu. Sebab, proyek ini pastinya akan membutuhkan pinjaman yang teramat besar.

"Situasi juga sedang sulit begini. Kita akan terlibat dalam pinjaman yang tidak sedikit. Itu akan memberatkan kita," jelas Ketua Kadin itu.

Dengan dasar itu, Suryo berharap agar proyek pembangunan kereta cepat Jakarta-Bandung bisa segera direvisi oleh pemerintah. Sebab, kereta api untuk keluar kota yang ada saat ini sudah cukup membantu para penumpang.

"Kereta api medium speed saja sudah bermanfaat memperlancar mobilisasi dari penumpang dan juga dari segi biaya separuhnya," pungkasnya.



(ABD)

Hadapi Barcelona, Chelsea Harus Tampil 120%
Jelang Chelsea vs Barcelona

Hadapi Barcelona, Chelsea Harus Tampil 120%

1 hour Ago

Pelatih Chelsea Antonio Conte tidak memungkiri bahwa laga melawan Barcelona akan jadi laga yang…

BERITA LAINNYA
Video /