Rupiah Terus Melemah, Soekarwo Realisasikan Program Kredit Murah

Amaluddin    •    04 September 2015 19:58 WIB
umkm
Rupiah Terus Melemah, Soekarwo Realisasikan Program Kredit Murah
Gubernur Jatim Soekarwo, Metrotvnews.com/ Amaluddin

Metrotvnews.com, Surabaya: Nilai tukar Rupiah menyentuh level lebih Rp14 ribu per Dolar AS. Untuk meningkatkan kesejahteraan, Gubernur Jawa Timur (Jatim) Soekarwo pun merealisasikan program kredit murah untuk pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM). 

"Kalau program kredit murah buat jangka panjang. Kalau program padat karya hanya jangka pendek, 2 bulan selama APBD," ungkap pria yang akrab disapa Pakde Karwo itu saat ditemui di Gedung Grahadi di Jalan Pahlawan Surabaya, Jumat (4/9/2015).

Ia mengatakan nilai kredit untuk pelaku UMKM maksimal Rp20 juta. Pelaku UMKM yang memiliki 2 atau 3 tenaga kerja dapat mengajukan kredit.

Pakde Karwo mengatakan ia akan menyampaikan program itu ke DPRD pada 14 September 2015. Pakde juga berupaya agar kredit itu tak jatuh ke tangan yang salah.

"Nanti pos ayat penggunaannya dan laporan seperti apa DPRD akan ikut mengawasi. Tapi dari segi keputusan politik tetap setuju dan sependapat bahwa ini adalah solusi terhadap krisis, bukan lewat padat karya tapi dengan skema pembiayaan," paparnya.

Pakde Karwo menilai kelompok UMKM layak mendapat kucuran modal. Pakde Karwo bahkan mengaku sudah memiliki data dan nama calon penerima kredit dari Badan Pusat Statistik (BPS). 

"Nanti yang menentukan adalah OJK (Otoritas Jasa Keuangan), dan OJK juga sangat setuju untuk program ini sekaligus akan mengawasi program ini,” katanya.

Pakde Karwo menyampaikan bahwa menurut OJK model ini sebenarnya tidak ikut dalam pembiayaan perbankan, juga tidak perlu Perda. 

"Program ini buka hibah, jd uangnya tidak habis, bisa berputar di masyarakat. Ini yang namanya membangun enterpreunership di masyarakat," jelasnya.

Diharapkan program ini bisa segera dijalankan akhir tahun ini. Namun yang menjadi korban dengan program ini adalah SKPD, terutama SKPD yang sering atau berhubungan langsung dengan dana hibah untuk masyarakat. 

"Kita akui program SKPD akan terganggu dan ini yang akan saya jelaskan kepada seluruh SKPD. Saya akan katakana peranan SKPD akan berkurang karena program hibah akan kita ganti dengan sistem perbankan," pungkasnya.


(RRN)

Jumpa Barcelona, Hargreaves Kasihan dengan Fan Chelsea
Jelang Chelsea vs Barcelona

Jumpa Barcelona, Hargreaves Kasihan dengan Fan Chelsea

4 hours Ago

Chelsea ditakdirkan bersua Barcelona pada babak 16 besar Liga Champions 2017 -- 2018. Mantan pe…

BERITA LAINNYA
Video /