DPD Diminta Perjuangkan Revisi UU Minerba & UU Perimbangan Keuangan

Al Abrar    •    04 September 2015 21:16 WIB
DPD Diminta Perjuangkan Revisi UU Minerba & UU Perimbangan Keuangan
foto: Antara/dok.

Metrotvnews.com, Banjarmasin: Bagi daerah yang pemasukan utamanya dari sektor pertambangan, isi dalam UU Mineral dan Batubara serta UU Perimbangan Keuangan dianggap kurang berpihak. Dua UU ini harus masuk dalam daftar prioritas program legislatis nasional 2016 agar bisa segera direvisi parlemen.

Dorongan itu disampaikan kepada DPD dalam diskusi Inventarisasi Prolegnas 2016 di Fakultas Hukum Universitas Lambung Mangkurat, Banjarmasin, Jumat (4/9/2015). Diskusi menghadirkan Wakil Ketua Panitia Perancang Undang-Undang (PPUU) DPD RI, Djasarmen Purba, Anggota DPD dari Kalsel  Habib Hamid, Kabiro Hukum Kalsel, Awi Sundari dan Dekan FH Muhammad Effendi sebagai nara sumber.

"Dari sekian ratus usulan Prolegnas2016, yang sangat mendesak yakni pembagian royalti hasil mineral dan tambang. Ini yang harus diperjuangkan DPD demi kepentingan daerah penghasil,” kata Dekan FH Muhammad Effendi.

Mengacu regulasi yang ada, Kalsel sebagai daerah penghasil malah mendapatkan pembagian royalti hasil tambang lebih kecil dibanding pusat. Padahal dampak kerusakan lingkungan akibat eksploitasi hasil mineral dan batubara dan pemulihannya ditanggung daerah penghasil, terutama warga di sekitar daerah pertambangan.

"Prakteknya pun ada ketimpangan. Perlu ada pengawasan yang lebih ketat dalam penerapannya," tegas Effendi.

Terhadap usulan tersebut, Djaserman menjeleaskan sudah tujuh RUU yang masuk prolegnas 2016. Termasuk revisi terhadap UU Migas, Minerba, Hak Adat dan Perimbangan Keuangan. Bahkan DPD juga membentuk panitia khusus agar pembagian royalti ini seimbang. 

"Pembagian royalti saat ini memang tak adil. Namun perlu diperhatikan bahwa ada banyak daerah yang membutuhkan subsidi untuk pembangunannya. Makanya ini (royalti -red) harus dibagi ke daerah lain untuk pemerataan,” papar senator asal Kepulauan Riau ini.

 
(LHE)

Jumpa Barcelona, Hargreaves Kasihan dengan Fan Chelsea
Jelang Chelsea vs Barcelona

Jumpa Barcelona, Hargreaves Kasihan dengan Fan Chelsea

4 hours Ago

Chelsea ditakdirkan bersua Barcelona pada babak 16 besar Liga Champions 2017 -- 2018. Mantan pe…

BERITA LAINNYA
Video /