Pesawat Ringan Jatuh di Bantul, Kadispenau: Bukan Milik TNI

Wandi Yusuf    •    05 September 2015 11:23 WIB
kecelakaan pesawat
Pesawat Ringan Jatuh di Bantul, Kadispenau: Bukan Milik TNI
Ilustrasi pesawat trike. Foto: Lanud Adisutjipto

Metrotvnews.com, Jakarta: Pesawat ringan jenis trike yang jatuh di Dusun Glondong, Desa Wirokerten, Kecamatan Banguntapan Bantul, Yogyakarta, dipastikan bukan milik TNI Angkatan Udara.

"Itu pesawat milik FASI (Federasi Aero Sport Indonesia) Yogyakarta, bukan dari TNI," kata Kepala Dinas Penerangan TNI AU, Marsekal Pertama Dwi Badarmanto, saat dihubungi Metrotvnews.com, Sabtu (5/9/2015).

Pilot dan kopilot yang mengemudikannya pun dipastikan bukan dari kalangan militer. "Keduanya dari sipil," ujarnya.

Menurutnya, setiap Sabtu, FASI kerap berlatih terbang. "Ya, Sabtu biasanya mereka refreshing menerbangkan pesawat," ujar Dwi.

Pesawat yang dipiloti laki-laki dan kopilot perempuan itu mendarat darurat di sekitar ladang kacang Dusun Glondong pukul 09.00 WIB. Pesawat tersebut terbang dari Landasan Udara Adisucipto, Yogyakarta. Pesawat terbang sebentar sebelum akhirnya mendarat darurat di Glondong.

Dikabarkan, pilot dan kopilot selamat. Keduanya langsung dibawa ke RS Harjolukito. Sejumlah anggota Polisi Militer TNI AU mengevakuasi pesawat.

Pesawat trike adalah pesawat hasil modifikasi dari gantole yang dilengkapi mesin rotax dengan bahan bakar bensin. Pesawat yang biasanya diimpor dari Ukraina, Australia, Perancis, dan Afrika Selatan ini cukup langka di Indonesia.


(UWA)


Video /