Lebih 9.000 Warga Riau Sakit Terpapar Kabut Asap

Rudi Kurniawansyah    •    06 September 2015 16:31 WIB
kabut asap
Lebih 9.000 Warga Riau Sakit Terpapar Kabut Asap
Aksi mahasiswa memprotes pembakaran berujung kabut asap di Pekanbaru, Ant - Rony Muharrman

Metrotvnews.com, Pekanbaru: Kabut asap dari pembakaran hutan dan lahan di Riau semakin parah. Bahkan, sebanyak 9.386 warga Riau terserang penyakit akibat paparan kabut asap.

Kepala Dinas Kesehatan Riau Andra Sjafril mengatakan ribuan warga dari 12 kabupaten dan kota di Riau itu paling banyak terserang penyakit infeksi saluran pernafasan atas (ISPA), pneumonia, asma, iritasi mata, dan iritasi kulit.

"Jumlah itu kemungkinan bisa bertambang mengingat dampak kabut asap yang semakin parah," ujar Andra di Pekanbaru, Riau, Minggu (6/9/2015).

Rinciannya yaitu 7.412 orang menderita ISPA, 290 orang terkena pneumonia, 296 orang menderita asma, 485 orang menderita iritasi mata, dan sebanyak 903 orang terkena iritasi kulit. Namun, kata Andra, jumlah itu masih jauh dibanding dampak kabut asap pada tahun sebelumnya yang mencapai 58 ribu penderita ISPA.

"Kami mengimbau masyarakat agar mengurangi aktivitas di luar ruangan terutama bagi yang mempunyai riwayat menderita penyakit asma," ujarnya.

Bila pun keluar rumah, Andra mengimbau warga tetap mengenakan masker dan memperbanyak meminum air putih. Andra juga mengingatkan warga mengonsumsi buah-buahan untuk meminimalisasi dampak racun akibat kabut asap.
 


(RRN)

Rekam Jejak Indonesia di Piala Asia U-16
Timnas U-16

Rekam Jejak Indonesia di Piala Asia U-16

16 hours Ago

Terhitung dari 17 kali penyelenggaraan yang sudah berlangsung. Indonesia hanya mampu lolos ke p…

BERITA LAINNYA
Video /