Superpan Dukung GKR Mangkubumi Bertahta di Keraton Yogyakarta

Ahmad Mustaqim    •    06 September 2015 17:17 WIB
keraton yogyakarta
Superpan Dukung GKR Mangkubumi Bertahta di Keraton Yogyakarta
GKR Mangkubumi usai berziarah ke makam keraton Imogari, MTVN - Patricia Vicka

Metrotvnews.com, Yogyakarta: Sekelompok orang yang mengatasnamakan Suara Perjuangan dan Perubahan (Superpan) mendukung Gusti Kanjeng Ratu (GKR) Mangkubumi bertahta di Keraton Yogyakarta. Kelompok itu mengatakan dukungan itu sesuai dengan Sabdaraja dari Sultan Hamengku Buwono X.

"Kami mendukung Sabda Raja dan GKR Mangkubumi menjadi raja di Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat. Bahwa Raja Keraton yang otomatis menjadi Gubernur DIY mulai masa bakti 2017. Saatnya Raja Yogyakarta perempuan, kenapa tidak?" kata Ketua Umum Superpan, Siswanta, dalam deklarasi di Situs Petilasan Ki Ageng Mangir Wonoboyo, Dusun Mangir, Sendangsari, Pajangan, Bantul, Minggu (6/9/2015).

Siswanta mengklaim deklarasi dukungan yang dilakukan sebagai inisiatif perwakilan masyarakat yang sepakat dengan Sabdaraja. Ia berpandangan, sebenarnya masyarakat Yogyakarta bisa menerima apabila Keraton nantinya dipimpin oleh perempuan.

"Sabdaraja sebuah terobosan baru yang harus diapresiasi. Cara berpikir yang jumud, tak melihat realitas dan fakta, serta terngiang-ngiang masa lampau adalah langkah mundur yang merugikan untuk menatap masa depan," kata dia.

Ia mengaku perlu berpikir lebih dulu dalam menyikapi Sabdaraja itu. Menurutnya, memikirkan hal tersebut harus dengan jernih dan tidak emosional. 

"Ditambah lagi respon masyarakat ada yang menolak," ucapnya.

Pascadeklarasi, Siswanta mengaku akan menindaklanjuti dengan melakukan hal serupa di daerah lain di Yogyakarta. "Akan kami lakukan sosialisasi di kantong pergerakan di kampung-kampung," ujarnya.

Sabdaraja Sultan HB X masih menjadi polemik. Di kalangan internal kerabat keraton, titik temu dalam penyikapan hal tersebut belum kunjung ketemu. Tak hanya internal keraton, beberapa elemen masyarakat di Yogyakarta pun masih ada yang menyatakan penolakannya.
 


(RRN)

Hadapi Qarabag, Chelsea Darurat Penyerang
Jelang Qarabag vs Chelsea

Hadapi Qarabag, Chelsea Darurat Penyerang

1 hour Ago

Chelsea tak akan bisa memainkan empat pemain saat bertamu ke Baku Olympic Stadium, markas Qarab…

BERITA LAINNYA
Video /