Mahkamah Kehormatan Akan Panggil Pimpinan DPR

Intan fauzi    •    06 September 2015 23:58 WIB
dpr
Mahkamah Kehormatan Akan Panggil Pimpinan DPR
Ketua DPR Setya Novanto dan Wakil Ketua DPR Fadli Zon terlihat hadir dalam konferensi pers bakal calon Presiden Amerika Donald Trump. Foto: AFP/Spencer Platt.

Metrotvnews.com, Jakarta: Mahkamah Kehormatan DPR akan memanggil Ketua DPR Setya Novanto dan Wakil Ketua DPR Fadli Zon terkait kehadiran mereka saat konferensi pers bakal calon presiden Amerika dari Partai Republik, Donald Trump.

"Jadi prinsipnya Mahkamah Kehormatan Dewan untuk semua anggota, tentu apapun yang jadi aduan masyarakat dan dari pihak manapun yang datang ke mahkamah akan ditindaklanjuti. Oleh karena itu ketentuan yang ada dan perilaku yang ada diperuntukkan oleh seluruh anggota dewan," kata Anggota Majelis Kehormatan Dewan, Fadholi, dalam Prime Time News Metro TV, Minggu (6/9/2015).

Fadholi menjelaskan perlu ada pemanggilan terhadap keduanya untuk menentukan apakah mereka harus mendapatkan sanksi apa tidak. Kemudian, sanksi baru dapat ditetapkan.

"Perlu ada pemanggilan kepada yang bersangkutan dari pihak yang diadukan. Kemudian dari keputusan apakah itu melanggar apa tidak, itu nanti melalui proses persidangan di mahkamah dewan," jelasnya.

Jika terbukti melanggar tata tetib, ada tiga jenis sanksi yang diterapkan yakni sanksi ringan, sedang, dan berat. Dan sanksi yang paling berat, lanjut Fadholi, dapat berupa rekomendasi untuk dicopot dari jabatannya.

"Kalau berat itu bisa sampai pada suatu rekomendasi pada pemberhentian anggota tersebut atau juga pada kewenangan penempatan masalah jabatan," pungkasnya.


(DRI)

Rekam Jejak Indonesia di Piala Asia U-16
Timnas U-16

Rekam Jejak Indonesia di Piala Asia U-16

1 day Ago

Terhitung dari 17 kali penyelenggaraan yang sudah berlangsung. Indonesia hanya mampu lolos ke p…

BERITA LAINNYA
Video /