Austria Berencana Tutup Pintu untuk Pencari Suaka Secara Bertahap

Intan fauzi    •    07 September 2015 05:42 WIB
imigran gelap
Austria Berencana Tutup Pintu untuk Pencari Suaka Secara Bertahap
Seorang pengungsi menangis saat menginjakkan kaki di kota Dortmund, Jerman bagian barat, 6 September 2015. Foto: AFP/ Maja Hitij.

Metrotvnews.com, Austria: Austria berencana menghentikan tindakan darurat terhadap pencari suaka dari Timur Tengah yang telah melintasi Hungaria menuju ke Eropa Barat. Kanselir Austria, Werner Faymann mengatakan tindakan tersebut akan dihapus secara bertahap.

"Kami selalu mengatakan ini adalah keadaan darurat yang mana kita harus bergerak cepat dengan cara yang manusiawi," kata Faymann seperti dikutip dari BBC, Minggu (6/9/2015).

"Kami telah membantu lebih dari 12.000 orang dalam situasi darurat. Sekarang kami harus beralih ke keadaan normal secara bertahap," lanjutnya.

Hal tersebut diungkapkan Faymann setelah berbicara dengan Kanselir German Angela Merkel dan Perdana Menteri Hungaria Viktor Orban melalui telepon.

Pelonggaran aturan telah mempermudah ribuan pencari suaka meninggalkan Hungaria untuk menuju ke Austria dan Jerman. Jerman, dimana menjadi tujuan utama kebanyakan pencari suaka, telah mengingatkan bahwa bantuan tidak boleh dilakukan secara berlebihan.

Kementerian Dalam Negeri Jerman mengatakan keputusan untuk menerima migran merupakan pengecualian dan aturan Dublin milik Uni Eropa tentang proses penerimaan pencari suaka dilakukan di negara kedatangan pertama tetap berlaku.

Di samping itu, dikutip dari Reuters, seorang pejabat Austria yang enggan disebutkan namanya mengatakan Austria akan kembali memperketat pemeriksaan untuk memasuki negara itu.



(DRI)

Rekam Jejak Indonesia di Piala Asia U-16
Timnas U-16

Rekam Jejak Indonesia di Piala Asia U-16

1 day Ago

Terhitung dari 17 kali penyelenggaraan yang sudah berlangsung. Indonesia hanya mampu lolos ke p…

BERITA LAINNYA
Video /