Rusunami Tambora Mengkhawatirkan

Arga sumantri    •    07 September 2015 16:02 WIB
rusunawa
Rusunami Tambora Mengkhawatirkan
Rusunami Tambora. (Foto:MTVN/Arga Sumantri)

Metrotvnews.com, Jakarta: Kondisi rumah susun sederhana milik (Rusunami) Tambora sangat memprihatinkan. Bangunan yang berdiri sejak era Orde Baru ini tampak kusam, tak terawat, dan tidak layak huni lagi.
 
Bangunan menjulang itu nampak kumuh. Tangga banyak yang rusak. Saluran air mampet di sana-sini, melahirkan bau tak sedap, bahkan sampai masuk ke Rusunami Tambora.
 
"Rusak mas, sudah enggak diperhatikan. Lihat saja bangunannya, genteng juga sudah pada bolong," kata Umi, 55, penghuni Blok A Rusunami Tambora kepada Metrotvnews.com di Rusunami Tambora, Kelurahan Angke, Tambora, Jakarta Barat, Senin (7/9/2015).
 
Farida, 50, penghuni lainnya mengatakan, rusunami Tambora sudah tidak punya pengelola. Keberadaannya sebagai rumah susun milik membuat pengelolaan Rusunami dibebankan pada penghuni.
 
"Karena memang rumah susun milik, jadi tidak ada yang perhatikan. Kita memang tidak punya 'induk'," ungkapnya.
 
Rusunami Tambora sama sekali tak terawasi mulai dari segi fasilitas hingga kenyamanan Rusun. Pemprov DKI sempat menyatakan tak punya wewenang untuk merenovasi rusunami lantaran bangunan tersebut dibangun sebagai rumah susun milik yang tak lagi dipungut iuran.
 
"Semua rusun mau kita bagusin. Kalau rusunami enggak bisa. Itu yang masalah," kata Ahok di Balai Kota, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Selasa, 1 September
 
Ahok menyarankan warga pindah ke Rusunawa milik Pemda. Pemeliharaannya dijamin oleh pemerintah. "Saya bilang jangan rusunami deh. Mereka tidak sanggup pelihara. Mending Rusun biasa (direnovasi) yang punya Pemda saja," ujarnya.


(FZN)

Rekam Jejak Indonesia di Piala Asia U-16
Timnas U-16

Rekam Jejak Indonesia di Piala Asia U-16

14 hours Ago

Terhitung dari 17 kali penyelenggaraan yang sudah berlangsung. Indonesia hanya mampu lolos ke p…

BERITA LAINNYA
Video /