Sejumlah Anggota DPR Laporkan Novanto dan Fadli Zon ke MKD

Al Abrar    •    07 September 2015 14:03 WIB
donald trump
Sejumlah Anggota DPR Laporkan Novanto dan Fadli Zon ke MKD
Sejumlah anggota DPR, seperti Adian Napitupulu dan Budiman Sujatmiko, melaporkan Setya Novanto dan Fadli Zon ke Mahkamah Kehormatan Dewan. Foto: Ant/Akbar Nugroho Gumay.

Metrotvnews.com, Jakarta: Sejumlah anggota DPR membuktikan ancamannya. Mereka hari ini melaporkan Ketua DPR Setya Novanto dan Wakil Ketua DPR Fadli Zon ke Mahkamah Kehormatan Dewan (MKD). Sejumlah anggota dewan berkumpul di Ruang MKD.

"Iya ini mau kita buat laporannya," ujar salah satu pelapor, Diah Pitaloka, di Komplek Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (7/9/2015).

Menurut politikus PDIP itu, kehadiran pimpinan lembaga DPR RI dalam kampanye calon presiden Amerika Serikat dari Partai Republik, Donald Trump, telah mencoreng martabat, kehormatan, citra, dan kredibilitas DPR sebagai wujud representasi rakyat Indonesia. Juga melanggar doktrin politik luar negeri Indonesia yang bebas aktif.

"Kedua pimpinan telah melanggar sumpah janji jabatan sebagai pimpinan DPR periode 2014-2019," tuding Dyah. Dyah membeberkan, Setya dan Fadli melanggar pasal 292 peraturan DPR RI tentang Tata Tertib mengenai kode etik.

"Oleh karena itu, sesuai peraturan tentang Tata Tertib Tahun 2014 pemberhentian sebagai pimpinan DPR dan sesuai peraturan DPR Nomor 1 Tahun 2015," jelasnya.

Selain Dyah, ada pula sejumlah anggota Fraksi PDI Perjuangan Adian Napitupulu, Budiman Sujatmiko, dan Charles Honoris. Juga ada anggota Fraksi PKB Maman Imanulhaq, anggota Fraksi NasDem Akbar Faisal, dan anggota Fraksi PPP Amir Uskara.


(DOR)

Ronaldo: Real Madrid Tidak Takut PSG
Liga Champions 2017--2018

Ronaldo: Real Madrid Tidak Takut PSG

21 hours Ago

Cristiano Ronaldo menegaskan dia dan rekan setimnya tidak takut jika harus berhadapan dengan Pa…

BERITA LAINNYA
Video /