Jepang Pangkas Estimasi Kontraksi PDB April-Juni Jadi 0,3%

Ade Hapsari Lestarini    •    08 September 2015 10:00 WIB
ekonomi jepang
Jepang Pangkas Estimasi Kontraksi PDB April-Juni Jadi 0,3%
Ilustrasi mata uang Yen. REUTERS/Shohei Miyano

Metrotvnews.com, Tokyo: Pemerintah Jepang mengatakan ekonominya mengalami kontraksi 0,3 persen selama kuartal April-Juni. Sedikit berkurang dibandingkan estimasi awal dan mengalahkan ekspektasi pasar terhadap penurunan yang lebih besar.

AFP melansir, Selasa (8/9/2015), data terbaru yang direvisi, serta diterbitkan oleh Kantor Kabinet, sedikit lebih baik daripada kontraksi 0,4 persen yang diumumkan terdahulu untuk kuartal tersebut, dan mengalahkan perkiraan pasar untuk kontraksi 0,5 persen.

Kontraksi dalam konsumsi swasta atau masyarakat direvisi menjadi 0,7 persen dari estimasi sebelumnya yang melemah 0,8 persen, membantu meringankan perkiraan penyusutan ekonomi secara keseluruhan, data menunjukkan.

Tetapi pemeriksaan lebih dekat pada data itu juga mengungkapkan kekhawatiran, kata para analis. "Rinciannya hampir tidak meyakinkan," kata Marcel Thieliant, ekonom Jepang di Capital Economics.

"Revisi naik sebagian besar disebabkan kontribusi yang lebih besar dari penumpukan stok. Data terakhir pada ekspor dan produksi industri menunjukkan bahwa pemulihan cepat kuartal ini tidak mungkin," tuturnya.

Selain itu, Jepang mencatat neraca pembayaran Juli selama 13 bulan berturut-turut surplus yang dibantu oleh defisit perdagangan dan kenaikan pendapatan dari investasi luar negeri.

Surplus transaksi berjalan mencapai 1.809 triliun yen (USD15,14 miliar) dibandingkan perkiraan median ekonom sebesar 1.715 triliun, seperti tertuang dalam jajak pendapat Reuters. (Antara)


(AHL)

Hadapi Barcelona, Chelsea Harus Tampil 120%
Jelang Chelsea vs Barcelona

Hadapi Barcelona, Chelsea Harus Tampil 120%

7 hours Ago

Pelatih Chelsea Antonio Conte tidak memungkiri bahwa laga melawan Barcelona akan jadi laga yang…

BERITA LAINNYA
Video /