Ratusan Elpiji Oplosan Beredar di Surabaya

Muhammad Khoirur Rosyid    •    08 September 2015 10:22 WIB
elpiji 3 kg
Ratusan Elpiji Oplosan Beredar di Surabaya
Tempat praktik elpiji oplosan di Tanggulangin, Sidoarjo, Jawa Timur. (Metrotvnews.com/MK Rosyid)

Metrotvnews.com, Sidoarjo: Ratusan tabung elpiji diamankan Satreskrim Polres Sidoarjo, Jawa Timur dari seorang pemasok yang diduga mengoplos tabung elpiji komersial ke tabung subsidi elpiji 3 kilogram (kg). Elpiji hasil oplosan tersebut diedarkan ke wilayah Mojokerto dan Surabaya.

"Elpiji yang kami amankan terdiri dari berbagai ukuran, mulai ukuran 3 kg, 12 kg dan 50 kg," kata Kasatreskrim Polres Sidoarjo Ajun Komisaris Polisi Ayub Diponegoro Azhar.

Praktik ilegal elpiji oplosan itu terbongkar setelah polisi menggerebek rumah di Desa Kali Sampurno, Kecamatan Tanggulangin, Kabupaten Sidoarjo, Senin (7/9/2015).  Selain mengamankan barang bukti ratusan elpiji, pelaku sekaligus pemilik berinisial BR juga diamankan sebagai tersangka. 

Penggerebakan bermula dari informasi masyarakat yang melapor kepada polisi dengan mencurigai BR menimbun elpiji. Saat ini, elpiji di wilayah Kecamatan Tanggulangin, Kabupaten Sidoarjo sedang langka. Namun, setiap hari justru di rumah BR sering keluar masuk truk dengan muatan elpiji.

"Tersangka mengoplos dari elpiji 3 kg ke elpiji 12 kg dan 50 kg dengan menggunakan selang regulator dan rol kawat yang telah dimodifikasi," katanya.

Ayub menambahkan, setelah elpiji berhasil dioplos, selanjutnya elpiji ukuran 12 kg dan 50 kg dijual ke wilayah Mojokerto dan Surabaya. "Atas perbuatannya, tersangka melanggar pasal 53 UU 31 tahun 2001 tentang Minyak dan Gas, dan diancam hukuman tiga tahun penjara," tegas Ayub.


(SAN)

Suporter Bertindak Rasis, AS Roma Terancam Sanksi
Rasisme dalam Sepakbola

Suporter Bertindak Rasis, AS Roma Terancam Sanksi

2 days Ago

Suporter AS Roma tirukan suara monyet ke arah Antonio Rudiger, bek Chelsea saat kedua tim bentr…

BERITA LAINNYA
Video /