Ahok Nilai Pelayanan Publik Kacau 'Dipegang' IPDN

LB Ciputri Hutabarat    •    08 September 2015 12:24 WIB
ahok
Ahok Nilai Pelayanan Publik Kacau 'Dipegang' IPDN
Praja Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN) berjalan di kampus IPDN Jatinangor. (Foto: Antara/Saptono)

Metrotvnews.com, Jakarta: Gubernur Provinsi DKI Jakarta Basuki `Ahok` Tjahaja Purnama menuding buruknya pelayanan publik pemerintah karena dipegang alumni Institut Pemerintah Dalam Negeri (IPDN). Ahok mengklaim keberadaan pegawai non-PNS di ranah pemerintah jauh lebih baik ketimbang dipegang oleh alumni IPDN.
 
"Saya mau tanya, pelayanan publik kepada masyarakat Indonesia selama ini baik enggak pelayanan publik kita? Siapa yang jadi lurah camat dulu? Alumni (IPDN)," kata Ahok di Dinas Pelayanan Pajak, Jalan Abdul Muis, Jakarta Pusat, Selasa (8/9/2015).
 
Menurut Ahok keberadaan IPDN sudah tak relevan karena adanya Undang Undang Aparatur Sipil Negara (ASN). UU ASN, memperbolehkan SKPD berasal dari non-IPDN.
 
"Seharusnya anak IPDN merasa terganggu ketika ada UU ASN. Karena undang-undang itu membolehkan kami (pemerintah) merekrut PNS dari yang non-PNS," terang Ahok.
 
Soal pelayanan publik, Ahok mengklaim keberadaan pegawai non-PNS di ranah pemerintah jauh lebih baik ketimbang dipegang oleh alumni IPDN. Ahok mencontohkan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) yang sekarang sudah digalakkan di setiap kelurahan dan kecamatan di Jakarta.
 
"Sekarang saya tanya di Jakarta PTSP dipegang IPDN apa bukan sekarang? Bukan. Tapi ada juga beberapa yang dipegang (IPDN) bagus ya bagus seperti pak Edi Sunantri (Wakil Kepala Dinas Pelayanan Pajak DKI)," ujaranya.
 
Ahok menjelaskan, di dalam UU ASN, ada dua jenis pegawai yang diterima di pemerintahan. Karena dua kriteria itu, Ahok berpandangan tak semua lurah dan camat harus dari IPDN.
 
"Ada pegawai kontrak dan PNS. Terus kita ada fit and proper test, sekarang apakah semua lurah camat di DKI adalah lulusan PDN? Tidak!" tegas Ahok.


(FZN)

Arsenal Terancam Kehilangan Chamberlain
Bursa Transfer Pemain

Arsenal Terancam Kehilangan Chamberlain

9 hours Ago

Arsenal masih dipusingkan dengan isu masa depan para pemainnya. Selain Alexis Sanchez, The Gunn…

BERITA LAINNYA
Video /