Cara Memilih Sikat Gigi yang Tepat

Torie Natalova    •    08 September 2015 12:47 WIB
kesehatan
Cara Memilih Sikat Gigi yang Tepat
Sikat gigi yang tepat bisa menjaga kesehatan gigi dan gusi. (foto:wired.com)

Metrotvnews.com, Jakarta: Selain pasta gigi, sikat gigi juga memiliki peranan penting untuk menjaga kesehatan dan bentuk gigi Anda. Menyikat gigi secara teratur adalah kunci mencegah sakit gigi dan juga gusi. 

Namun, pastikan Anda memilih sikat gigi yang tepat untuk gigi Anda dan gunakan teknik yang tepat saat menyikatnya. Sikatlah gigi minimal dua kali sehari yakni pada pagi dan malam sebelum tidur. Sikat gigi setidaknya selama tiga menit untuk memastikan kesehatan gigi jangka panjang.

Anda pun harus memperhatikan sikat gigi yang Anda beli. Salah memakai sikat gigi justru bisa menyakiti gigi dan gusi Anda bahkan bisa membuatnya berdarah.

1. Pilih sikat gigi yang memiliki bulu lebih lembut atau soft.
2. Pastikan sikat cocok dengan ukuran mulut Anda. Jika Anda miliki mulut yang kecil, pilih sikat gigi kecil dan jika mulut Anda besar, pilihlah sikat gigi yang besar.
3. Beli sikat yang mudah digunakan, entah itu sikat manual atau dengan baterai.
4. Sikat gigi yang murah biasanya bulunya sering rontok setelah beberapa kali pakai. Ini dapat mengganggu proses pembersihan gigi.
5. Beberapa sikat gigi dirancang untuk mampu membersihkan hingga sudut gigi. Saat memilih sikat, pastikan bagaimana fungsi atau kinerja sikat tersebut.
6. Sikat gigi memiliki berbagai ukuran yang bisa membuat nyaman saat dipegang. Sikat gigi yang terlalu besar atau terlalu kecil mungkin tidak efektif menjangkau semua area gigi, mulut dan gusi.
7. Setelah Anda menemukan sikat gigi yang tepat, Anda perlu sikat gigi dengan cara yang benar untuk menjaga kesehatan mulut dan menjaga penyakit gusi. (TimesofIndia)


(LOV)

Suporter Bertindak Rasis, AS Roma Terancam Sanksi
Rasisme dalam Sepakbola

Suporter Bertindak Rasis, AS Roma Terancam Sanksi

1 day Ago

Suporter AS Roma tirukan suara monyet ke arah Antonio Rudiger, bek Chelsea saat kedua tim bentr…

BERITA LAINNYA
Video /