Bandara Hang Nadim Batalkan Penerbangan ke Jambi

Hendri Kremer    •    08 September 2015 12:58 WIB
asap
Bandara Hang Nadim Batalkan Penerbangan ke Jambi
Foto: Kabut asap menyelimuti landasan pacu dan tempat parkir pesawat di Bandara Hang Nadim, Batam, Kepulauan Riau/Ant_Joko Sulistyo

Metrotvnews.com, Batam: Bandar Udara Hang Nadim, Batam, Kepulauan Riau, membatalkan satu penerbangan tujuan Jambi, Selasa 8 September, akibat asap kebakaran hutan dan lahan. Kabut asap pekat masih menyelimuti sejumlah kabupaten di Jambi. Sementara, jarak pandang di Bandara Hang Nadim masih normal yakni 3 kilometer.

"Ada satu jadwal penerbangan yang dibatalkan yaitu ke Jambi. Namun, untuk penerbangan lainnya masih normal tergantung situasi," kata Kepala Bagian Umum Bandara Hang Nadim Suwarso, kepada Media Indonesia, di Batam, Selasa (8/9/2015).

Dia mengatakan pihaknya akan membatalkan penerbangan jika jarak pandang hanya 1 km. Hingga saat ini Batam masih diselimuti asap.

Di tempat terpisah, Sekretaris INSA Batam Azhar mengatakan, kabut asap saat ini masih aman untuk pelayaran dari dan ke Pulau Batam. Belum ada penundaan dalam aktivitas pelayaran.

"Pelayaran domestik dari dan ke Batam relatif aman meski ada kabut karena jalur pelayarannya melalui laut lepas yang luas," kata Azhar.

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Hang Nadim Batam memantau dari citra satelit NOAA-15, mendapati terjadi peningkatan aktivitas titik panas menjadi 234 titik panas di wilayah Sumatera yang tersebar di Propinsi Riau, Jambi, Sumatera Utara, dan sekitarnya. Hasil Modis BMKG menunjukkan ada 1.403 titik panas di wilayah Sumatera.

Angin rata-rata di Riau dan Kepulauan Riau bertiup dari arah barat daya hingga barat laut, yang mendukung penyebaran asap di wilayah Kepulauan Riau. Ini mengakibatkan jarak pandang mendatar secara umum menurun menjadi kurang dari 4 km. Sedangkan di wilayah Tanjung Balai Karimun, Batam, dan Tarempa bisa mencapai kurang dari 1 km.


(TTD)

Mourinho Isyaratkan Berhenti Belanja Pemain
Bursa Transfer Pemain

Mourinho Isyaratkan Berhenti Belanja Pemain

9 hours Ago

Pelatih United Jose Mourinho tidak ingin terlalu ngotot untuk memenuhi target yakni membawa emp…

BERITA LAINNYA
Video /