Bupati Kampar: Tidak Ada Kebakaran Hutan di Riau

Antara    •    08 September 2015 13:03 WIB
kabut asap
Bupati Kampar: Tidak Ada Kebakaran Hutan di Riau
Ilustrasi kebakaran lahan. (Antara/Fikri Yusuf)

Metrotvnews.com, Pekanbaru: Bupati Kampar Provinsi Riau Jefry Noer menyebut banyak pihak salah menilai penyebab bencana kabut asap di berbagai daerah di Riau. Kabut asap bukan disebabkan oleh kebakaran hutan. 

"Di Riau tidak ada lagi hutan yang terbakar. Itu adalah kawasan lahan rawa gambut yang memang telah diklaim milik warga maupun perusahaan," kata Jefry Noer kepada pers di Siak Hulu, Kampar, Selasa (8/9/2015).

Jefry mengatakan, Pemda Kampar sejauh ini terus mengutamakan upaya antisipasi daerah-daerah yang sedang atau akan mengalami kekeringan, terutama untuk kawasan lahan gambut. Perangkat desa dan masyarakat disiapkan untuk lakukan pemadaman jika terjadi kebakaran.

"Insha Allah, sejauh ini berjalan dengan baik. Begitu ada titik api, langsung dipadamkan jadi tidak bertahan lama, lahan yang terbakar segera diminimalisasi," katanya.

Biasanya, lanjut Jefry, di satu titik kebakaran lahan paling lama dua hari api sudah dapat dipadamkan. Namun karena yang terbakar adalah lahan gambut, "ketika api telah padam, biasanya di dalam rawa gambut masih tersisa bara yang terus menghasilkan asap. Maka dilakukan pula upaya pemadaman bara tersebut," katanya.

Jefry mengklaim berbagai upaya telah dilakukan Pemda Kampar untuk mencegah terjadinya kebakaran lahan dan kabut asap. "Yang menjadi persoalan adalah, Pemerintah Pusat tidak memberikan perhatian anggaran yang serius," katanya.

Hasil penelusuran, sejauh ini di berbagai daerah di Kampar masih terselimuti kabut asap, mengakibatkan sejumlah sekolah menghentikan aktivitas pendidikan. Ratusan warga juga dilaporkan menjadi korban bencana asap dengan terserang berbagai penyakit seperti iritasi kulit, iritasi mata dan Infeksi Saluran Pernafasan Atas (ISPA).


(SAN)

Pique Berharap Jumpa City di Liga Champions
Liga Champions 2017--2018

Pique Berharap Jumpa City di Liga Champions

1 day Ago

Bek Barcelona Gerard Pique berharap timnya bisa bertemu Manchester City di Liga Champions musim…

BERITA LAINNYA
Video /