Bawaslu DIY Minta Calon Petahana Cabut Baliho Bupati

Patricia Vicka    •    08 September 2015 17:34 WIB
pilkada serentak
Bawaslu DIY Minta Calon Petahana Cabut Baliho Bupati
Pasangan calon Bupati se-DIY saat deklarasi kampanye damai. (Metrotvnews.com/Patricia Vicka)

Metrotvnews.com, Yogykarta: Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) akan menindak tegas spanduk, poster atau baliho calon petahana yang terpasang di luar wilayah KPU. Pasalnya, panwaslu di beberapa kabupaten menemukan media komunikasi calon saat menjabat sebagai kepala daerah masih terpasang di beberapa ruas jalan.

"Di (Kabupaten) Bantul dan Sleman, tim kami temukan masih ada baliho dan spanduk yang masih terpasang di pinggir jalan. Di dalamnya ada foto calon petahana saat masih menjabat sebagai bupati. Ini jelas melanggar. Apalagi saat ini ia sudah tidak menjabat lagi," kata ketua Bawaslu DIY M Najib di Kantor KPU DIY Yogyakarta, Selasa (8/9/2015).

Menurutnya, semua media komunikasi atau  foto apapun yang memperkenalkan salah satu pasangan calon (paslon) tidak boleh dipasang. "Kampanye itu tidak hanya pemaparan visi-misi saja. Tapi hal lain atau apapun yang tujuannya memperkenalkan calon itu dianggap kampanye. Foto itu kan upaya memperkenalkan calon," jelas Najib.

Pihaknya akan segera meminta Satpol PP serta paslon untuk menurunkan media komunikasi tersebut. "Satpol PP yang punya kewenangan untuk menurunkannya. Kami sudah meminta Satpol PP untuk menurunkannya. Sementara di Gunungkidul sudah bersih dari spanduk dan baliho paslon," ucapnya.

Selain itu pihaknya juga telah mengkomunikasikan kepada KPU kabupaten untuk meminta paslon menurunkan baliho tersebut. "Kalau ada spanduk, kami laporkan ke KPU daerah. Lalu KPUD akan minta paslon menurunkannya secara sukarela 1 x 24 jam," kata dia.


(SAN)

Ronaldo: Real Madrid Tidak Takut PSG
Liga Champions 2017--2018

Ronaldo: Real Madrid Tidak Takut PSG

1 day Ago

Cristiano Ronaldo menegaskan dia dan rekan setimnya tidak takut jika harus berhadapan dengan Pa…

BERITA LAINNYA
Video /