Review Smartphone

Coolpad Sky Mini, Biasa-Biasa Saja

Mohammad Mamduh    •    08 September 2015 18:39 WIB
review gadget
Coolpad Sky Mini, Biasa-Biasa Saja
Coolpad Sky Mini (MTVN/DANU)

Metrotvnews.com: Ponsel pintar murah selalu menawarkan kualitas yang sesuai harganya. Untuk konsumen dengan dana yang terbatas, mereka seringkali mengesampingkan fitur khusus pada ponsel dengan harga tidak sampai Rp2,5 juta.

Sebagai pemain baru di pasar Indonesia, Coolpad mencoba peruntungannya dengan menghadirkan Sky Mini untuk segmen harga yang disebutkan tadi, lebih tepatnya Rp2 juta. Apakah fitur yang dimilikinya sama saja dengan produk pesaing di kelasnya?


Desain

Sky Mini merupakan ponsel termurah yang dirilis Coolpad di Tanah Air. Menyasar konsumen yang memiliki dana ekonomis, ponsel ini memiliki layar 4 inci yang sekilas mengusung konsep bezel-less.

Kenyataannya, panel layar bagian dalam tidak membentang sampai bagian pinggirnnya, lebih tepatnya sekitar 2,5 mm dari pinggir kiri dan kanan. Coolpad Sky Mini terlihat tampil beda dengan tata letak simbol tombol yang sederhana.



Tombol power dan volume berhimpit di pinggir kanan smartphone ini. Uniknya, tombol power yang biasanya terletak di bawah, kini berada di atas tombol volume. Saya sendiri mengalami kesulitan menekan tombol ini saat memegang ponsel dengan satu tangan. Hal ini terjadi karena letak tombol power yang biasanya berada di posisi yang sebaliknya. Sementara itu, di pinggiran kiri terdapat slot SIM-card dan Micro SD.




Coolpad Sky Mini menyematkan tiga tombol utama di bawah layar, dengan posisi tombol back berada di paling kiri, tombol home di tengah, dan task manager di kanan. Simbol ketiganya terlihat agar besar, mungkin agar pengguna dapat melihatnya dengan jelas. Di sisi atas layar, Anda dapat melihat speaker yang bersebelahan dengan sensor dan kamera depan.

Bagian belakang Coolpad Sky Mini menggunakan penutup yang terbuat dari material plastik. Material ini mereka sebut Baby Skin, yang secara tekstur sama persis dengan penutup belakang Xiaomi Mi 4i. Bagian belakang ini memang mudah dibersihkan saat terkena debu, bahkan terkena coretan sekalipun. 


Software & Antarmuka

Secara sistem operasi, Coolpad Sky Mini menggunakan OS Android 5.1.1 Lollipop dengan antarmuka Cool UI. Harus diakui, Coolpad tak memberikan banyak perbedaan antara Cool UI dengan tampilan standar dari Android Lollipop. Perbedaan paling menyolok terlihat pada desain ikon yang dibuat lucu.

Secara operasional, Cool UI sangat enteng saat saya mencoba menggeser panel utama atau membuka aplikasi. Ya, antarmuka Coolpad Sky Mini ini tidak menggunakan App Drawer. 


Salah satu fitur khusus yang ditawarkannya adalah kehadiran software Coolpad Remote, yang memungkinkan ponsel ini menjadi pengendali perangkat elektronik rumah tangga. Sebut saja televisi atau AC, ponsel ini dapat menggantikan peran remote yang dimiliki perangkat itu. Terdapat lebih dari 100 macam pengaturan dari berbagai merek perangkat yang dapat dicoba. Anda bisa melihat antarmuka Coolpad Remote pada gambar di atas, screenshot paling kanan.
 

Kamera & Video

Coolpad Sky Mini memiliki kamera belakang 8 MP dengan kualitas foto yang bisa dibilang standar. Namun, Anda jarang menemukan fitur Pro Mode pada ponsel dengan harga yang sama. Mode ini memang mungkinkan Anda untuk memotret dengan pengaturan pencahayaan, titik fokus, atau ISO sendiri.

Kualitas yang dihasilkan pada Pro Mode bisa saja lebih baik, tetapi peningkatan kualitasnya tidak akan signifikan. Kamera belakang ini tentu saja memiliki keterbatasan menangkap foto bagus jika kondisi pencahayaan kurang.


Untuk kamera depan, kualitas 5 MP sudah cukup untuk memenuhi kebutuhan selfie. Sesuai dengan harga Coolpad Sky Mini, kamera depan ini menghasilkan jepretan yang memadai. Kelebihannya, di bagian atas, terdapat jendela tambahan yang berfungsi sebagai contoh, sehingga pengguna dapat melihat contoh hasil jepret dalam ukuran yang lebih kecil.



Baik kamera depan maupun belakang, keduanya telah dilengkapi dengan beberapa fitur khusus seperti mempercantik foto dan merekam foto hanya dengan tersenyum. Tentunya fitur ini juga termasuk mengubah efek foto sepenuhnya, yang tersedia dalam pilihan Filter. Pro Mode hanya bisa digunakan dengan kamera belakang. 

Performa dan Baterai

Coolpad Sky Mini adalah ponsel yang menggunakan prosesor Snapdragon 410 @1,2 GHz quad-core. Kita sendiri mengetahui bahwa kecepatan prosesor dan GPU Adreno 306 yang dimiliki memang sanggup menjalankan berbagai aplikasi, termasuk bermain game Asphalt 8: Ariborne.

Tidak disarankan untuk memainkan game balapan tersebut dengan pengaturan medium atau high, jika Anda ingin memainkannya dengan lancar. RAM 1 GB akan memerlukan waktu berlebih untuk membuka beberapa aplikasi berat.

Coolpad Sky Mini berada di kelas pasar yang tidak biasa bila kita mengacu pada harganya. Saya pun membandingkannya dengan beberapa ponsel yang sudah tersedia di pasar, tetapi dengan harga yang berada sedikit murah atau lebih mahal. Anda bisa melihat skor PCMark secara lengkap pada grafik di bawah ini.



Dari segi baterai, Coolpad Sky Mini masih tergolong irit di kelasnya. Anda bisa melihat bahwa ponsel ini dapat menjalankan aktivitas berat selama enam jam penuh. Performa baterainya ini selisih sedikit di bawah Smartfren Andromax R, dan berada sedikit di atas Acer Liquid Z520.



 

Kesimpulan

Coolpad Sky Mini adalah salah satu ponsel yang bisa saya bilang unik, baik secara fitur maupun harganya. Smartphone ini memiliki fitur eksklusif, mulai dari material penutup belakang, sampai aplikasi Coolpad Remote.

Desain fisiknya juga terlihat premium. Namun, jika kita melihat kompetitor, Coolpad tampaknya masih harus lebih cermat jika ingin bersaing di pasar ini. Musuh utamanya adalah Xiaomi Redmi, yang secara harga lebih murah, dan memiliki fitur yang lebih menggiurkan.
 
 
  Coolpad Sky Mini
Prosesor Qualcomm Snapdragon 410 @1,2 GHz quad-core
RAM 1 GB
OS Android 5.1.1 Lollipop 
Memori Internal 8 GB
Kamera 8 MP (belakang), 5 MP (depan)
Dimensi 139 x 67.8 x 7.9 mm
Bobot 100 gram
Baterai Li-Ion 1800 mAh battery
Layar 4.7 inci, 960 x 560 pixels
Konektivitas GSM / GPRS / EDGE: 850 / 900 / 1800 / 1900 MHz
4G LTE: 850 / 900 / 1800 / 2100 MHz
Harga Rp1.999.000
 

Coolpad Sky Mini

 

7

  • Bodi belakang mudah dibersihkan
  • Desain premium
  • Aplikasi Coolpad Remote
  • RAM masih 1 GB
  • Kamera tidak punya fitur istimewa



(ABE)

Ronaldo: Real Madrid Tidak Takut PSG
Liga Champions 2017--2018

Ronaldo: Real Madrid Tidak Takut PSG

15 hours Ago

Cristiano Ronaldo menegaskan dia dan rekan setimnya tidak takut jika harus berhadapan dengan Pa…

BERITA LAINNYA
Video /