Keluarga Presiden Boleh Ikut Kunjungan Kerja ke Luar Negeri

Desi Angriani    •    08 September 2015 18:43 WIB
dpr
Keluarga Presiden Boleh Ikut Kunjungan Kerja ke Luar Negeri
Presiden Joko Widodo dan Ibu Negara. Antara Foto

Metrotvnews.com, Jakarta: Menteri Sekretaris Negara Pratikno menyatakan keluarga Presiden boleh turut serta dalam kunjungan kerja ke luar negeri.

Hal itu tertulis dalam Peraturan Menteri Sekretaris Negara Nomor 8 Tahun 2007 tentang Petunjuk Pelaksanaan Penyusunan Standar Pelayanan Sekretariat Republik Indonesia. "Itu ada, aturannya begitu," kata Pratikno di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Selasa (8/9/2015).

Menurutnya, selama ini pemerintah telah berusaha merampingkan jumlah rombongan yang menyertai perjalanan Presiden Joko Widodo ke luar negeri. Perampingan, kata Mensesneg, dimulai dari tim advance, delegasi, kecuali wartawan.

“Tim advance itu kita cut hampir separuh, dibandingkan dengan tradisi selama ini,” ujarnya.

Dijelaskannya, format rombongan dimulai dengan tujuan kunjungan dan fungsi-fungsi apa yang harus dilakukan. Personel yang ditugaskan juga berdasarkan fungsi.

"Misalnya kami rancang ke Timur Tengah di dalam misinya lebih banyak ekonomi. Makanya, anggota kabinet yang terlibat spesifik ekonomi yang ikut," kata dia.

Pimpinan DPR Fadli Zon menyayangkan beredarnya informasi yang membesar-besarkan masalah keikutsertaan istri dan anak anggota Dewan dalam kunjungan pimpinan DPR ke Amerika Serikat.

Menurut Fadli, istri dan anak anggota Dewan yang ikut serta ke AS menggunakan biaya sendiri. Dia juga membantah kabar yang menyebut total delegasi anggota dewan ke AS berjumlah 60 orang.

Menurut Wakil Ketua Umum Partai Gerindra itu, total delegasi yang ikut hanya 14 orang terdiri atas Setya Novanto, Fadli Zon, Tantowi Yahya, Azis Syamsuddin, Michael Wattimena, Nurhayati Assegaf, Juliari Batubara, Roem Kono, Robert Kardinal, serta sejumlah staf.

"Setahu saya 14 orang total. Tidak ada 60 atau 73 orang, absurd," bantahnya.

Dia menegaskan jika keikutsertaan isteri dan anak anggota Dewan yang menggunakan biaya sendiri dipermasalahkan, serta jumlah delegasi dipersoalkan, maka semestinya dilakukan perbandingan pula dengan keikutsertaan istri serta anak presiden dan wakil presiden dalam lawatan ke luar negeri, beserta jumlah anggota delegasinya.


(TRK)

Ronaldo: Real Madrid Tidak Takut PSG
Liga Champions 2017--2018

Ronaldo: Real Madrid Tidak Takut PSG

22 hours Ago

Cristiano Ronaldo menegaskan dia dan rekan setimnya tidak takut jika harus berhadapan dengan Pa…

BERITA LAINNYA
Video /