4 Desember, RI Resmi Aktif Kembali Masuk ke OPEC

Antara    •    09 September 2015 11:30 WIB
opec
4 Desember, RI Resmi Aktif Kembali Masuk ke OPEC
OPEC. AFP PHOTO /ALEXANDER KLEIN

Metrotvnews.com, London: Indonesia telah berkontribusi banyak terhadap sejarah Organisasi Negara-Negara Penghasil Minyak (OPEC). Sehingga kehadiran Indonesia menjadi anggota OPEC sangat disambut.

"Indonesia telah berkontribusi banyak terhadap sejarah OPEC. Kami menyambut kembalinya Indonesia ke organisasi," tukas pihak OPEC, seperti dilansir dari AFP, Rabu (9/9/2015).

OPEC mengatakan bahwa Menteri Energi Sudirman Said akan diundang untuk menghadiri pertemuan rutin kartel berikutnya pada 4 Desember di ibu kota Austria yang sekaligus akan meresmikan pengaktifan kembali keanggotaan Indonesia.

Anggaran dasar OPEC menyatakan bahwa setiap negara dengan ekspor bersih minyak mentah yang besar, bisa menjadi anggota penuh. Di sisi lain, keanggotaan asosiasi adalah memungkinkan bagi negara-negara yang tidak memenuhi syarat sebagai anggota penuh, tentu saja Indonesia mungkin akan mengikuti itu.

OPEC sementara itu telah menyambut permintaan Indonesia, karena kembalinya Indonesia memperluas basis geopolitik kartel meliputi Asia pada saat kartel menghadapi tekanan atas kemerosotan harga minyak, pengamat menambahkan.

OPEC beranggotakan 12 negara dari Timur Tengah, Afrika dan Amerika Latin, memproduksi sekitar sepertiga dari minyak dunia. Tetapi selama tahun lalu, anggota-anggotanya, termasuk produsen terbesar Arab Saudi, Iran, Venezuela, dan Nigeria, telah melihat pendapatan mereka turun tajam karena pasokan minyak mentah global yang berlimpah menyebabkan harga minyak jatuh lebih dari 50 persen.


(AHL)

Pelatih Napoli Sejajarkan Insigne dengan Messi, Neymar dan Ronaldo
Jelang Napoli vs Shakhtar Donetsk

Pelatih Napoli Sejajarkan Insigne dengan Messi, Neymar dan Ronaldo

6 hours Ago

Napoli dijadwalkan bentrok kontra Donetsk untuk memainkan matchday kelima Liga Champions 2017--…

BERITA LAINNYA
Video /