BI: Sektor Pariwisata Pengaruhi Pertumbuhan Ekonomi Bali

Antara    •    09 September 2015 12:15 WIB
ekonomi daerah
BI: Sektor Pariwisata Pengaruhi Pertumbuhan Ekonomi Bali
Bank Indonesia (MI/PANCA SYURKANI)

Metrotvnews.com, Denpasar: Bank Indonesia (BI) Perwakilan Bali memperkirakan perkembangan dunia kepariwisataan yang masih menggeliat di daerah Bali akan berpengaruh terhadap pertumbuhan ekonomi pada kuartal III-2015.

"Pertumbuhan ekonomi Provinsi Bali pada kuartal III-2015 sekitar 5,62 persen sampai dengan 6,62 persen (yoy)," kata Kepala Kantor Perwakilan BI Provinsi Bali Dewi Setyowati, di Denpasar, Rabu (9/9/2015).

Dewi mengatakan, sesuai dengan perkembangan terakhir dari sisi penawaran, peningkatan pertumbuhan disebabkan oleh lapangan usaha penyediaan akomodasi makan dan minum seiring dengan meningkatnya kunjungan wisatawan.

Di samping peningkatan kinerja industri pariwisata, lanjut dia, lapangan usaha pendukung industri pariwisata lainnya, salah satunya lapangan usaha perdagangan besar dan eceran, juga usaha konstruksi berpotensi mengalami peningkatan dengan realisasi proyek pemerintah pada semester II-2015.

Lebih lanjut ia menyebutkan risiko perlambatan perekonomian pada kuartal III-2015 masih membayangi meskipun terdapat perkiraan akan terjadi panen padi dari sawah petani di daerah Bali di akhir kuartal di tahun ini.

Namun, masih kata Dewi, lapangan usaha pertanian masih dibayangi oleh risiko kemarau panjang dan potensi El Nino. Kemarau panjang tersebut, terutama berdampak pada subkategori tanaman bahan makanan (tabama) yang dikhawatirkan akan adanya gagal panen padi.

Dari sisi permintaan, kata Dewi, peningkatan pertumbuhan pada Triwulan III 2015 diperkirakan didorong oleh komponen konsumsi, baik dari sisi konsumsi pemerintah maupun konsumsi swasta, di samping dengan adanya persiapan pelaksanaan pilkada di akhir tahun 2015.

Perkiraan perlambatan pertumbuhan ekonomi pada kuartal III-2015 sejalan dengan hasil survei kegiatan dunia usaha yang dilakukan oleh Bank Indonesia yang menunjukkan peningkatan saldo bersih tertimbang kegiatan usaha mencapai 10,52 persen pada kuartal II-2015.



(ABD)

Thiago Alcantara Cedera Serius
Anderlecht vs Bayern Muenchen

Thiago Alcantara Cedera Serius

1 hour Ago

Kemenangan Bayern Muenchen atas Anderlecht pada matchday kelima Liga Champions 2017 -- 2018 diw…

BERITA LAINNYA
Video /