MTF Jaga Posisi NPL di Level 1,3%

Dian Ihsan Siregar    •    09 September 2015 15:18 WIB
mandiri tunas finance
MTF Jaga Posisi NPL di Level 1,3%
Direktur Utama Mandiri Tunas Finance (kanan) (ANTARA FOTO/HO)

Metrotvnews.com, Jakarta: PT Mandiri Tunas Finance (MTF) terus menjaga tingkat rasio pembiayaan bermasalah atau Non Performing Loan (NPL) berada di level aman, yakni di level 1,3 persen. Untuk menjaga agar level NPL di posisi tersebut, MTF akan melakukan sejumlah strategi dan langkah restrukturisasi yang dilakukan secara ketat.

Direktur Utama MTF Ignatius Susatyo mengatakan, MTF akan terus berusaha menjaga tingkat NPL di level yang aman. Adapun sampai dengan paruh pertama di 2015, MTF mencatat NPL sebesar 1,2 persen. Menjaga NPL ini menjadi penting sejalan adanya penurunan daya beli akibat dari perlambatan ekonomi.

"Posisi NPL saat ini memang rendah, tetapi itu belum aman. Karena sudah mulai kelihatan nasabah kami yang cicilannya tersendat karena ekonomi lagi down. Kami tidak tahu akhir tahun seperti apa. Tetapi kami perkirakan NPL bisa naik ke 1,3 persen di akhir tahun nanti," ungkap Ignatius, dalam siaran persnya, di Jakarta, Rabu (9/9/2015).

Menurutnya, ada beberapa karakteristik nasabah sekarang ini. Ada nasabah dengan tipe mampu tetapi enggan mencicil, juga tipe mau mencicil tetapi kurang mampu. Maka dari itu, kata Susatyo, pihaknya memberikan ultimatum kepada divisi collection perusahaan untuk mengambil tindakan tegas.

"Dalam proses restrukturisasi, kami agak tegas. Ini kondisi ekonomi lagi turun, kita jaga NPL. Jadi  kalau sampai tiga kali nunggak, kami perintahkan untuk ditarik kendaraannya. Tetapi untuk nasabah korporasi, kami undang duduk bersama, tawarkan solusi perpanjang tenor cicilan, dan sebagainya," pungkas Susatyo.

Sekadar diketahui, sampai dengan saat ini, nasabah MTF yang tercatat aktif mencapai angka 300 ribu. Dari angka 300 ribu, sebanyak 90 persen lebih adalah nasabah korporasi. Sedangkan sisanya adalah nasabah ritel.


(ABD)

Ronaldo: Real Madrid Tidak Takut PSG
Liga Champions 2017--2018

Ronaldo: Real Madrid Tidak Takut PSG

22 hours Ago

Cristiano Ronaldo menegaskan dia dan rekan setimnya tidak takut jika harus berhadapan dengan Pa…

BERITA LAINNYA
Video /