Asing 'Bebas' Buka Rekening Valas Diklaim Agar Rupiah Stabil

Eko Nordiansyah    •    09 September 2015 15:41 WIB
valas
Asing 'Bebas' Buka Rekening Valas Diklaim Agar Rupiah Stabil
Ilustrasi mata uang Rupiah. AFP PHOTO/ROMEO GACAD

Metrotvnews.com, Jakarta: Ketua Umum Perhimpunan Bank Nasional (Perbanas) Sigit Pramono mengatakan, kebijakan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) yang akan memudahkan warga negara asing untuk membuka rekening valita asing di perbankan Indonesia adalah salah satu upaya memperkuat rupiah.

"Itu menunjukkan juga bahwa kita sungguh-sungguh dalam menjaga kestabilan rupiah. Berbagai cara dilakukan, saya rasa baik sekali," ujar Sigit ditemui di JCC, Senayan, Jakarta, Rabu (9/9/2015).

Dia menambahkan, kemudahan WNA untuk membuka rekening di bank lokal juga dilakukan oleh negara-negara lain. Misalnya saja, hal yang sama juga dilakukan di Malaysia dan Singapura.

"Intinya kalau ada orang buka rekening kan uangnya ada di kita, itu masuk. Di negara lain itu menerapkan yang masuk dimudahkan, yang keluar diperketat, kita mulai begitu juga. Karena agar rupiah kita juga lebih stabil," jelas dia.

Sebelumnya, masih menurut Sigit, orang asing memang tidak diperbolehkan untuk membuka rekening di perbankan dalam negeri. Meskipun belum bisa mengukur potensinya, dia tetap meyakini jika potensi yang ada cukup besar.

"Saya belum mengukur (potensinya). Saya baru dengar tadi dari OJK. Mungkin pak Muliaman yang lebih paham. Tapi terutama untuk turis, supaya uangnya mereka bisa masuk di rekening bank di Indonesia," pungkas dia.


(AHL)

Pelatih Napoli Sejajarkan Insigne dengan Messi, Neymar dan Ronaldo
Jelang Napoli vs Shakhtar Donetsk

Pelatih Napoli Sejajarkan Insigne dengan Messi, Neymar dan Ronaldo

6 hours Ago

Napoli dijadwalkan bentrok kontra Donetsk untuk memainkan matchday kelima Liga Champions 2017--…

BERITA LAINNYA
Video /