Ini Penyebab Puan Masih Terdaftar di DPR

M Rodhi Aulia    •    09 September 2015 15:56 WIB
dpr
Ini Penyebab Puan Masih Terdaftar di DPR
Ketua DPP PDIP bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Andreas Hugo Pareira,--Foto: MTVN/M Rodhi Aulia

Metrotvnews.com, Jakarta: Dugaan rangkap jabatan Menteri Koordinator bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan dan anggota DPR Fraksi PDI Perjuangan oleh Puan Maharani menuai pro dan kontra.

Ketua DPP PDIP bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Andreas Hugo Pareira menjelaskan, persoalan itu lantaran belum ada nama definitif yang menggantikan Puan di Parlemen.

"Ini persoalan internal. Permasalahan bukan pada yang diganti (Puan), tapi penggantinya. Antara pak Rahmat, Darmawan Prasojo yang sekarang sudah di Deputi Staf Kepresidenan dan Mr atau Mrs X dalam urutan dapil itu," kata Andreas di Kantor DPP PDI Perjuangan, Jalan Diponegoro, Menteng, Jakarta Pusat, Rabu (9/9/2015).

Andreas mengatakan, di daerah pemilihan Jawa Tengah V yang meliputi Kabupaten Boyolali, Sukoharjo dan Klaten, tiga orang yang suaranya di bawah Puan berebut menggantikan Puan dalam pergantian antarwaktu. Semula, Rahmat yang berhak, karena suaranya persis di bawah Puan.

(Baca: Kantor PDIP Didemo, Massa: Puan Masih Mendua)

Akan tetapi, caleg PDIP lain di dapil yang sama, Darmawan Prasojo, mengajukan gugatan ke Mahkamah Kehormatan PDI Perjuangan. Mahkamah memenangkan Darmawan. Tapi, sekarang Darmawan sudah mendapatkan posisi sebagai Deputi I bidang Monitoring dan Evaluasi Pembangunan Prioritas di Kantor Staf Kepresidenan.

Nah di sini, kata Andreas, Darmawan harus menentukan pilihan. Apakah tetap menjadi bagian orang Istana Kepresidenan atau memilih menjadi anggota parlemen di Senayan. Dan jika Darmawan memilih di Istana, akan ada orang di bawah Darmawan yang ingin posisi tersebut.

"Yang jelas, dalam waktu dekat kita akan selesaikan secepatnya," ujar dia.

(Baca: Posisi Tjahjo dan Puan di DPR Belum Tergantikan)

Diketahui, Puan masih terdaftar sebagai Anggota DPR. Sekretariat Jenderal DPR RI mengaku belum menerima surat pengunduran diri dan pergantian antarwaktu Puan dari DPP PDI Perjuangan. Termasuk surat terkait PAW Tjahjo Kumolo (Mendagri) dan Pramono Anung (Seskab).


(MBM)

Ronaldo: Real Madrid Tidak Takut PSG
Liga Champions 2017--2018

Ronaldo: Real Madrid Tidak Takut PSG

1 day Ago

Cristiano Ronaldo menegaskan dia dan rekan setimnya tidak takut jika harus berhadapan dengan Pa…

BERITA LAINNYA
Video /