Hanya Imajinasi Puan Jadi Ketua DPR

M Rodhi Aulia    •    09 September 2015 17:48 WIB
dpr
Hanya Imajinasi Puan Jadi Ketua DPR
Ketua DPP PDIP bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Andreas Hugo Pareira,--Foto: MTVN/M Rodhi Aulia

Metrotvnews.com, Jakarta: Berembus kabar, status Puan Maharani di DPR sengaja tak diotak-atik adalah strategi PDI Perjuangan. Puan sengaja ditahan karena akan diplot untuk jabatan ketua DPR.

Boleh jadi demikian. Apalagi sejumlah politikus Senayan kini getol mendorong pengocokan ulang pimpinan DPR, setelah Ketua DPR Setya Novanto dan Wakil Ketua DPR Fadli Zon dianggap melanggar kode etik karena bertemu Donald Trump, calon presiden AS dari Partai Republik.

Tapi, Ketua DPP PDI Perjuangan bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Andreas Hugo Pareira justru menertawai isu tersebut. "Hehehe...kalau saya, mending jadi menteri. Itu kan imajinasi teman-teman saja," kata Pareira di kantor DPP PDI Perjuangan, Jalan Diponegoro, Menteng, Jakarta Pusat, Rabu (9/9/2015).

Menurut Pareira, pihaknya hanya akan mengikuti aturan main yang berlaku, tanpa menabrak hukum positif yang ada. Puan yang kini menjabat sebagai Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, ditegaskan Pareira, tetap berada di jajaran kabinet kerja.

"Sekarang masih tercatat sebagai anggota DPR karena persoalan pada sosok yang akan menggantikannya," tegas Pareira.

Politikus Partai Demokrat Ruhut Sitompul sempat mengatakan, di antara kader PDI Perjuangan yang jadi menteri dan belum melepaskan kenggotaannya di DPR adalah sebuah strategi. Strategi untuk merebut kursi pimpinan DPR.

"(Tapi) Yang tahu hidden agenda PDI Perjuangan, ya PDIP sendirilah. Kalau saya melihatnya dengan kaca mata politikus, itu strategi. Ada kaitannya dengan kocok ulang," kata Ruhut kepada wartawan di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa, 8 September kemarin.


Ketua Bapilu DPP PDIP, Puan Maharani (tengah) menjawab pertanyaan sejumlah wartawan usai menggelar rapat konsolidasi di Kendari, Rabu (18/6/2014).--Foto: Antara/Ekho Ardiyanto

Ruhut yakin mengatakan itu lantaran dirinya sempat bertemu sejumlah politikus dari Koalisi Indonesia Hebat, terutama dari PDI Perjuangan. Dalam waktu dekat, ditargetkan akan ada kocok ulang pimpinan DPR, apalagi Partai Amanat Nasional sudah resmi bergabung dengan pemerintah.

"Kawan sana (PDIP) yang akan jadi pimpinan. Sambil bercanda itulah yang mereka bilang," ungkap Ruhut.

Jika memang terjadi kocok ulang pimpinan DPR, Ruhut yakin Koalisi Indonesia Hebat akan menguasai seluruh bangku pimpinan. PDIP-lah yang berhak menjabat Ketua DPR karena sebagai partai pemenang pemilu.

Di samping itu, mengingat PAN, dan kondisi dua partai KMP, yaitu PPP dan Golkar yang tidak solid. Ditambah dengan Demokrat yang sejak awal memposisikan diri sebagai partai penyeimbang.

"Sekarang kocok ulang udah menang Koalisi Indonesia Hebat. Menang mutlak paling selamat Demokrat," kata dia.


(MBM)

Ronaldo: Real Madrid Tidak Takut PSG
Liga Champions 2017--2018

Ronaldo: Real Madrid Tidak Takut PSG

1 day Ago

Cristiano Ronaldo menegaskan dia dan rekan setimnya tidak takut jika harus berhadapan dengan Pa…

BERITA LAINNYA
Video /