Pertamina-Wika Rogoh Rp1,4 Triliun Bangun Pabrik Aspal

Annisa ayu artanti    •    09 September 2015 18:59 WIB
pabrikpertamina
Pertamina-Wika Rogoh Rp1,4 Triliun Bangun Pabrik Aspal
Ilustrasi (ANTARA FOTO/Wahyu Putro A)

Metrotvnews.com, Jakarta: PT Pertamina (Persero) kembali melakukan sinergi antar Badan Usaha Milik Negara (BUMN), yakni dengan PT Wijaya Karya (Persero) (Wika) Tbk untuk membangun pabrik aspal di Lawele, Buton, Sulawesi Tenggara, dengan investasi sekitar USD100 juta atau setara Rp1,4 triliun.

Direktur Utama Wijaya Karya Bitumen Arifin Fahmi menjelaskan, nantinya pembangunan pabrik aspal di Lawele akan membutuhkan lahan seluas 32,5 hektare (ha). Adapun dana yang dibutuhkan sebesar USD100 juta akan berasal dari perusahaan sebesar 30 persen dan pinjaman dari perbankan sebesar 70 persen. Mayoritas dana tersebut nantinya akan dikeluarkan oleh Pertamina.

"Mayoritas Pertamina karena Pertamina merupakan pemain utama di bisnis beton. Tidak ada produsen lain yang besar di Indonesia selain Pertamina," kata Arifin, di Kantor Pusat Pertamina, Jalan Medan Merdeka Timur, Jakarta, Rabu (9/9/2015).

Lebih lanjut Arifin mengatakan Pulau Buton diyakini paling ideal untuk memproduksi aspal lantaran lokasinya berdekatan dengan bahan mentah dan menyimpan cadangan sebanyak 660 juta ton. Kapasitas pabrik ini diperkirakan sebanyak 50.000-300.000 ton per tahun. 

Tidak hanya itu, lanjutnya, perseroan juga akan fokus untuk memenuhi kebutuhan dalam negeri yang mencapai 1,2 juta ton per tahun. "Jadi, kita fokus menggantikan impor dulu sebab pangsa pasar dalam negeri saja sudah besar sehingga kita harap aspal Buton dapat menggantikan separuh impor," pungkas dia.


(ABD)

Siapa Lolos, Siapa Tersingkir di <i>Matchday</i> 5? Ini Hitung-hitunganya!
Liga Champions 2017--2018

Siapa Lolos, Siapa Tersingkir di Matchday 5? Ini Hitung-hitunganya!

2 hours Ago

Sebanyak 12 tim berpeluang mengikuti jejak empat tim yang sebelumnya sudah lebih dulu lolos ke …

BERITA LAINNYA
Video /