Sapi Betina Produktif Marak Dijual sebagai Kurban di Yogyakarta

Patricia Vicka    •    09 September 2015 19:44 WIB
idul adha
Sapi Betina Produktif Marak Dijual sebagai Kurban di Yogyakarta
Sapi Betina yang dijual di pasar ternak Prambanan Sleman. Foto: MTVN/Vicka

Metrotvnews.com, Yogyakarta: Jelang pelaksanaan Idul Adha, sejumlah pedagang Sapi di Yogyakarta turut menjual sapi betina untuk hewan kurban. Padahal pemerintah melalui UU Nomor 18 Tahun 2009 tentang Peternakan dan Kesehatan Hewan, melarang penjualan sapi betina yang masih produktif.

Bowo, salah seorang peternak sapi beralasan, dirinya menjual sapi betina yang sudah tidak bisa berproduksi.
"Sapi ini umur dua tahun. Dari bibit saya beli dia ga pernah melahirkan. Makanya saya berani jual," ujarnya di peternakan sapi Banguntspan, Bantul, DIY, Rabu (9/9/2015).

Ada seekor sapi betina miliknya yang sudah laku terjual. "Pembeli tak masalah dengan jenis kelamin betina. Yang penting tidak sedang bunting dan menyusui," jelasnya.

Sementara itu, Jadi, 40, salah seorang pedagang sapi, mengatakan sapi betina mulai diminati warga Yogyakarta. Ia mengaku pembeli tidak mempermasalahkan jenis kelamin kurban dan tingkat produktivitasnya.

"Sapi masih produktif juga laku terjual. Asal tak bunting saja. Ada yang untuk dipotong. Ada juga yang untuk di ternakkan kembali. Pembeli suka dengan sapi betina karena harganya jauh lebih ekonomis dibanding sapi jantan," kata Jadi di pasar ternak Prambanan, Sleman, DIY.

Dengan berat dan umur yang sama sapi betina jauh lebih murah Rp3-4juta dibanding sapi jantan. Harga sapi betina dipasar ternak dipatok sekitar Rp12- Rp16 juta. Sedangkan sapi jantan untuk kurban dibanderol paling murah Rp17 juta dan paling mahal di atas Rp30 juta. Sebulan jelang Idul Adha, Jadi mengaku sudah menjual dua ekor sapi betina.

Pelarangan pemotongan Sapi betina tertuang dalam Pasal 18 ayat 2 UU Nomor 18 Tahun 2009 tentang Peternakan dan Kesehatan Hewan. Pasal itu berbunyi ternak ruminansia betina produktif dilarang disembelih karena merupakan penghasil ternak yang baik, kecuali untuk keperluan penelitan, permuliaan atau untuk keperluan pengendalian dan penanggulangan penyakit hewan.


(UWA)

Alves tak Terkejut dengan Performa Menawan Neymar
Paris Saint-Germain vs Celtic

Alves tak Terkejut dengan Performa Menawan Neymar

12 hours Ago

Neymar berhasil menyarangkan sepasang gol ke gawang Celtic  pada menit ke-9 dan menit ke-2…

BERITA LAINNYA
Video /