Menteri Susi: Rendahnya PNBP karena Anggaran Kementerian Belum Rampung

Gervin Nathaniel Purba    •    09 September 2015 19:51 WIB
kelautan dan perikanan
Menteri Susi: Rendahnya PNBP karena Anggaran Kementerian Belum Rampung
Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti. MI/Panca Syurkani

Metrotvnews.com, Jakarta: Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti mengatakan Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) tahun ini kecil bila dibandingkan tahun lalu yang mencapai Rp277 miliar. Menurut Susi, hal ini disebabkan PNBP di Kementeriannya belum rampung.

"Kenapa alasannya? Saya sudah bebaskan subsidi kapal besar 30 GT ke atas itu memberikan pemasukan negara Rp12 triliun Pak," ujar Susi kepada anggota Banggar, dalam rapat Badan Anggaran DPR RI, di Gedung DPR, Jakarta, Rabu (9/9/2015).

Hal kedua, pihaknya telah berjuang untuk mendapatkan pembebasan bea masuk dari Amerika Serikat (AS) yang bila dihitung akan menciptakan nilai ekspor sebesar USD2 miliar. Dengan begitu angka USD4 juta masuk ke dalam negara, dinikmati eksportir, nelayan, dan pembudidaya.

"Hal ketiga adalah aksi memberantas illegal fishing.  Kita telah mengamankan pemakaian BBM nasional solar sebesar 36 persen. Kalau dinilai lebih di atas Rp100 triliun," ungkap Susi.

Dengan begitu, Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP)  telah memasukkan Rp100 triliun untuk negara. 
"Jadi kalau bapak kasih saya teguran atas PNBP yang Rp30 miliar, tapi saya sudah kasih masukan Rp100 triliun sama negara pak. Saya mohon gaji KKP dinaikkan jadi 10 kalinya Pak," kata Susi sambil disambut tepuk tangan anggota Badan Anggaran.
 


(SAW)

Thiago Alcantara Cedera Serius
Anderlecht vs Bayern Muenchen

Thiago Alcantara Cedera Serius

1 hour Ago

Kemenangan Bayern Muenchen atas Anderlecht pada matchday kelima Liga Champions 2017 -- 2018 diw…

BERITA LAINNYA
Video /