Mengenal 3D Touch, Fitur Baru pada iPhone 6S

Insaf Albert Tarigan    •    10 September 2015 06:50 WIB
iphone 6s
Mengenal 3D Touch, Fitur Baru pada iPhone 6S
Keberadaan 3D Touch memudahkan navigasi antar-menu di iPhone 6S dan iPhone 6 Plus

Metrotvnews.com: Kabar bahwa Apple akan memperkenalkan Force Touch pada iPhone 6S dan iPhone 6S Plus ternyata terbukti benar. Namun, Apple mengubah nama teknologi ini menjadi 3D Touch.

Apa sih 3D Touch itu?

Secara sederhana, 3D Touch adalah teknologi berbasis sentuhan pada iPhone. Ia terdapat pada layar beranda untuk memberikan akses cepat terhadap fungsi yang paling sering Anda buka.

Ketika sedang melihat aplikasi, misalnya, Anda dapat memencetnya secara ringan untuk mendapatkan pratinjau tanpa harus membuka aplikasi tersebut. Kemudian, Anda dapat memencet lebih keras jika benar-benar hendak membuka aplikasi tersebut. Mekanisme yang sama juga berlaku ketika Anda sudah membuka aplikasi.



Sistem 3D Touch sudah terintegrasi di dalam sistem operasi iOS 9. 3D Touch sebenarnya bukan teknologi yang sama sekali baru karena Apple telah menggunakannya di Apple Watch dengan nama Force Touch yang memungkinkan Anda untuk membersihkan semua notifikasi dengan satu sentuhan.

Penopang 3D Touch adalah sensor kapasitif yang terintegrasi di balik layar Retina HD iPhone yang mampu mengukur tekanan jari pengguna. Keberadaan 3D Touch akan menghadirkan pengalaman penggunaan yang sama sekali baru kepad pengguna iPhone 6S. Dengan demikian, Anda pasti akan membutuhkan waktu untuk penyesuaian.



Apalagi, 3D Touch juga akan bisa dimanfaatkan pengembang aplikasi. Dropbox, misalnya, memungkinkan Anda untuk melihat dokumen terbaru atau mengunggah foto dengan memencet layar dengan keras, sementara Facebook memanfaatkannya untuk menu pembaruan status dan mengunggah foto.

3D Touch juga bisa digunakan untuk mengaktifkan kamera depan dengan cara memencet lambang aplikasi kamera dengan keras. Masih kurang jelas? Lihat video di bawah ini. (The Next Web)

 


(ABE)


Video /