On this Day

1985: Pelatih Skotlandia Kena Serangan Jantung setelah Timnya Seri

Kautsar Halim    •    10 September 2015 07:38 WIB
pada hari ini
1985: Pelatih Skotlandia Kena Serangan Jantung  setelah Timnya Seri
Mantan pelatih Celtic, John Stein. (Foto: google image)

Metrotvnews.com, Jakarta: Hari ini, Kamis 10 September, merupakan hari yang kelam bagi kancah sepak bola Skotlandia. 30 tahun yang lalu atau tepatnya pada 1985 silam, Pelatih legendaris timnas Skotlandia, John "Jock" Stein meninggal dunia setelah mengantarkan timnya bertanding.

Stein meninggal pada usia 62 tahun dengan cara yang cukup dramatis. Ia mengalami serangan jantung setelah Skotlandia ditahan imbang 1-1 oleh Wales pada ajang kualifikasi Piala Dunia. Kondisinya saat itu tetap tidak tertolong meski Stein berhasil dibawa ke ruang medis Stadion yang digunakan untuk bertanding--Ninian Park, Cardiff.

Selain sukses menjadi pelatih timnas Skotlandia, Stein juga tenar sebagai pelatih Celtic. Ia sempat mengantarkan klub itu menjuarai liga domestik sebanyak 10 kali, Piala Skotlandia delapan kali, dan enam kali Piala Liga Skotlandia. Kesemua prestasi itu berhasil ia sabet antara tahun 1965 hingga 1978.

Pencapaian paling populernya didapat ketika mengantarkan Celtic menang atas Inter milan pada Final European Cup (sekarang Liga Champions) 1967. Saat itu, ia merupakan pelatih pertama yang berhasil membawa klub Britania Raya  merebut trofi incaran klub-klub besar di Eropa tersebut.

Untuk mengapresiasikan jasanya, nama Stein sempat dimasukkan dalam daftar Scottish Sports Hall of Fame dan Scottish Football of Fame. Selain itu, sejak 1990, patungnya berdiri gagah di salah satu serambi Stadion Celtic Park, dan namanya juga
diabadikan sebagai sebutan untuk tribun barat stadion tersebut. (tdifh)


(KAU)