Polisi Jepang Gerebek Markas Grup Baru Yakuza

Willy Haryono    •    10 September 2015 10:20 WIB
yakuza
Polisi Jepang Gerebek Markas Grup Baru Yakuza
Polisi menggerebek markas Yamaken-gumi, grup baru Yakuza di kota Kobe, prefektur Hyogo, Jepang, Rabu (9/9/2015). (Foto: AFP / JIJI PRESS)

Metrotvnews.com, Kobe: Kepolisian Jepang menggerebek markas Yamaken-gumi, grup Yakuza yang belum lama ini terbentuk di Kobe, Rabu (9/9/2015). 

Yamaken-gumi adalah grup pecahan Yamaguchi-gumi, sindikat Yakuza terbesar di Negeri Sakura, yang terdiri dari beberapa anggota senior. 

Menurut laporan kantor berita Jiji Press, penggerebekan dilakukan atas tudingan terhadap Yamaken-gumi yang mendapatkan kartu kredit secara ilegal dan kerap berpura-pura menjadi polisi untuk menipu kaum lanjut usia. 

Penggerebekan juga bertujuan mengumpulkan lebih banyak informasi dari grup yang baru terbentuk pekan lalu. Aparat enggan membicarakan detail penggerebekan kepada AFP

Otoritas Jepang khawatir kemunculan grup baru ini dapat memicu terjadinya perang geng kriminal. 

Kepala dari 13 faksi yang keluar Yamaguchi-gumi" menggelar pertemuan resmi pertama di kota Kobe di wilayah barat Jepang pada Sabtu. Yamaken-gumi diperkirakan memiliki 3.000 anggota. 

Seperti Mafia Italia dan Triad Tiongkok, Yakuza menguasai sektor perjudian, narkotika, prostitusi, peminjaman uang dengan bunga, perlindungan daerah dan kejahatan lainnya. 

Berbeda dari negara lain, Yakuza dianggap sebagai organisasi legal yang memiliki kantor sendiri.


(WIL)


Video /